Kenapa Banyak Negara Cemas soal Varian Baru Virus Corona dari Inggris?

Kompas.com - 22/12/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi virus corona penyebab Covid-19 SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona penyebab Covid-19

 LONDON, KOMPAS.com - Inggris telah mengidentifikasi varian virus baru corona yang terkait dengan temuan kasus baru di negara tetangga Perancis tersebut.

Varian baru ini diberi nama VUI-202012/01. Penamaan berasal dari Variant Under Investigation (Varian Sedang Diselidiki) yang pertama di Inggris sejak Desember 2020.

Melansir CNN pada Senin (21/12/2020), para ilmuwan mencari informasi lebih lanjut tentang varian tersebut, tapi dampaknya sudah dirasakan. Beberapa negara sekarang telah memberlakukan pembatasan perjalanan dari Inggris.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan bahwa varian itu di luar kendali, pada Minggu (20/12/2020).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memimpin pertemuan darurat keesokan harinya untuk mengatasi dampak penyebaran virus tersebut.

Mengapa varian ini perlu terus dipantau?

Varian baru terbentuk saat struktur genetik virus berubah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Ada Varian Baru Virus Corona, Hong Kong Larang Kedatangan Pesawat dari Inggris

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua virus bermutasi dari waktu ke waktu dan varian baru biasa terjadi. Tidak terkecuali pada varian baru virus corona.

Seperti varian baru atau jenis Covid-19 lainnya, yang satu ini membawa sidik jari genetik yang membuatnya mudah dilacak, dan sekarang umum ditemukan.

Tapi Itu tidak berarti mutasi menyebabkan virus menyebar lebih mudah, atau lebih berbahaya.

Sementara Kelompok Penasihat Ancaman Virus Pernafasan Baru (NERVTAG) meyakini, varian baru virus corona di Inggris menunjukkan peningkatan substansial dalam penularan dibandingkan dengan varian lain.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.