Dunia Khawatir akan Kemunculan Varian Baru Virus Corona

Kompas.com - 22/12/2020, 11:04 WIB
Ilustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri. SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri.

KOMPAS.com – Kekhawatiran dunia internasional semakin meningkat setelah munculnya varian baru virus corona atau jenis baru virus corona di Inggris.

Hingga saat ini, lebih dari 40 negara di dunia telah melarang kedatangan pesawat dari Inggris sebagaimana dilansir dari BBC, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, Swedia melarang kedatangan pendatang dari Denmark setelah ditemukannya kasus varian baru virus corona.

Para ahli mengatakan, varian baru virus corona tersebut memang lebih menular. Namun hingga kini, belum ditemukan bukti bahwa jenis baru virus corona tersebut lebih mematikan.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Dorong Lonjakan Kasus Covid-19 di Afrika Selatan

Ketika daftar negara yang membatasi perjalanan dari Inggris bertambah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencoba mendinginkan situasi.

Kepala Kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan strain baru virus corona tersebut adalah hal normal dari evolusi pandemi. Ryan menambahkan hal itu tidak "di luar kendali".

Pernyataan Ryan tersebut bertentangan dengan pernyataan Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock yang menyebut bahwa varian baru virus corona lebih sulit dikendalikan.

Dalam perkembangan lain, pelancong dari Afrika Selatan juga menghadapi larangan dari beberapa negara.

Itu karena di Afrika Selatan ditemukan kasus varian baru virus corona yang tidak terkait dengan temuan di Inggris.

Baca juga: Soal Varian Baru Virus Corona yang Tak Terkendali, Begini Penjelasan WHO...

Apa yang terjadi di Eropa?

Sebagian besar negara di “Benua Biru” telah melarang kedatangan para pendatang dari Inggris dalam upaya menghentikan penyebaran varian baru virus corona.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X