Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan di Puncak Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 14:01 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) berafiliasi dengan Royal Aal Al Bayt Institute for Islamic Thought di Amman, Kerajaan Yordania merilis tokoh-tokoh Muslim dunia yang berpengaruh tahun 2021.

Melansir situs web the Muslim 500, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi sosok Muslim paling berpengaruh 2021.

Erdogan melambung ke posisi teratas dari sebelumnya berada di urutan ke-6. 

Baca juga: Lebih dari 300 Orang Dihukum Penjara Seumur Hidup karena Terlibat Kudeta 2016 terhadap Erdogan

Selama masa kepemimpinannya, Erdogan banyak dipuja dan juga dikritik oleh lawan. Walau demikian, dia telah didukung oleh anggota partainya meski juga menuai banyak kritik dari media internasional.

Selama kepemimpinannya, Turki mencapai pertumbuhan ekonomi dan kemajuan global yang signifikan.

Salah satu kebijakannya yang terbaru dan paling populer adalah mengubah fungsi bangunan bersejarah Hagia Sophia atau Ayasofia dalam bahasa Turki, kembali menjadi masjid.

Baca juga: Usai Hagia Sophia, Turki Ubah Bekas Gereja Lainnya Jadi Masjid Lagi

Hagia Sophia yang dibangun pada abad 537 Masehi adalah katedral di masa Konstantinopel (sekarang Istanbul) yang sempat berubah menjadi masjid pada masa Sultan Mehmed II yang menaklukkkan kota pada 1453.

Hagia Sophia pun berubah menjadi museum pada tahun 1935 dalam masa pemerintahan Turki yang sekuler, di bawah pimpinan Mustafa Kemal Ataturk.

Sampai pada akhirnya pada Juli 2020, Erdogan mengubah fungsi bangunan itu menjadi masjid dan dirayakan sebagian besar umat Islam seluruh dunia.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran hingga Raja Salman, Inilah 5 Besar Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com