Erdogan di Puncak Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 14:01 WIB
Foto yang dirilis Kantor Kepresidenan Turki memperlihatkan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul pada 19 Juli 2020. Pada 10 Juli 2020, pengadilan tinggi Turki mengubah status Hagia Sophia dari museum sejak 1935 menjadi masjid. AFP PHOTO/TURKISH PRESIDENTIAL PRESS OFFICE/HANDOUTFoto yang dirilis Kantor Kepresidenan Turki memperlihatkan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul pada 19 Juli 2020. Pada 10 Juli 2020, pengadilan tinggi Turki mengubah status Hagia Sophia dari museum sejak 1935 menjadi masjid.

KOMPAS.com - The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) berafiliasi dengan Royal Aal Al Bayt Institute for Islamic Thought di Amman, Kerajaan Yordania merilis tokoh-tokoh Muslim dunia yang berpengaruh tahun 2021.

Melansir situs web the Muslim 500, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi sosok Muslim paling berpengaruh 2021.

Erdogan melambung ke posisi teratas dari sebelumnya berada di urutan ke-6. 

Baca juga: Lebih dari 300 Orang Dihukum Penjara Seumur Hidup karena Terlibat Kudeta 2016 terhadap Erdogan

Selama masa kepemimpinannya, Erdogan banyak dipuja dan juga dikritik oleh lawan. Walau demikian, dia telah didukung oleh anggota partainya meski juga menuai banyak kritik dari media internasional.

Selama kepemimpinannya, Turki mencapai pertumbuhan ekonomi dan kemajuan global yang signifikan.

Salah satu kebijakannya yang terbaru dan paling populer adalah mengubah fungsi bangunan bersejarah Hagia Sophia atau Ayasofia dalam bahasa Turki, kembali menjadi masjid.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Usai Hagia Sophia, Turki Ubah Bekas Gereja Lainnya Jadi Masjid Lagi

Hagia Sophia yang dibangun pada abad 537 Masehi adalah katedral di masa Konstantinopel (sekarang Istanbul) yang sempat berubah menjadi masjid pada masa Sultan Mehmed II yang menaklukkkan kota pada 1453.

Hagia Sophia pun berubah menjadi museum pada tahun 1935 dalam masa pemerintahan Turki yang sekuler, di bawah pimpinan Mustafa Kemal Ataturk.

Sampai pada akhirnya pada Juli 2020, Erdogan mengubah fungsi bangunan itu menjadi masjid dan dirayakan sebagian besar umat Islam seluruh dunia.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran hingga Raja Salman, Inilah 5 Besar Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X