Lebih dari 300 Orang Dihukum Penjara Seumur Hidup karena Terlibat Kudeta 2016 terhadap Erdogan

Kompas.com - 26/11/2020, 20:18 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAPresiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

ANKARA, KOMPAS.com - Pengadilan Turki memenjarakan 337 mantan pilot dan tersangka lainnya seumur hidup dalam salah satu persidangan terbesar yang berasal dari upaya kudeta pada 2016 terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Fethullah Gulen, seorang pengkhotbah Muslim yang berbasis di AS yang pernah menjadi sekutu Erdogan, dituduh memerintahkan kudeta yang gagal.

Gulen, yang gerakannya telah dilarang sebagai kelompok teroris oleh Ankara, membantah keras semua tuduhan itu, seperti yang dilansir dari AFP pada Kamis (26/11/2020).

Sebanyak 251 orang tewas dan lebih dari 2.000 lainnya terluka dalam aksi kudeta yang berubah menjadi momen menentukan pemerintahan Erdogan dan politik Turki kontemporer.

Baca juga: Presiden Erdogan Ajak Dialog Uni Eropa untuk Masa Depan Turki

Ruang sidang terbesar di negara itu dipenuhi puluhan personel keamanan dan pengacara. Hakim ketua pun memerintahkan seorang terdakwa yang memprotes untuk "Duduk!" beberapa kali sebelum membacakan putusan.

Dia menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada pilot angkatan udara yang tidak puas yang mengebom ibu kota Ankara dan warga sipil yang mengatur upaya kudeta dari dalam pangkalan militer Akinci dekat ibu kota.

Dokumen pengadilan yang diperoleh AFP menunjukkan 337 terdakwa dijatuhi hukuman seumur hidup, karena pembunuhan, melanggar perintah konstitusional, dan mencoba membunuh Erdogan.

Enam puluh tersangka dijatuhi hukuman penjara dengan jangka waktu yang berbeda-beda, sementara 75 orang dibebaskan.

Vonis lengkap diharapkan dipublikasikan secara resmi pada Kamis malam.

Baca juga: Macron Tuduh Rusia dan Turki Kampanyekan Sentimen Anti-Perancis di Afrika

Keadilan telah diberikan

"Keadilan telah dijalankan," kata Ufuk Yegin, yang mewakili asosiasi keluarga korban, kepada AFP.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X