Setelah Jual Kerbau, Namibia Bakal Lelang Gajah Liar, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/12/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi spesies gajah Afrika ShutterstockIlustrasi spesies gajah Afrika

WINDHOEK, KOMPAS.com – Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Pariwisata Namibia mengatakan akan melelang gajah liar kepada siapa pun di Namibia.

Pengumuman lelang gajah liar tersebut disampaikan oleh Kementerian tersebut melalui iklan dalam surat kabarNew Era yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namibia akan melelang sebanyak 170 ekor gajah liar dengan alasan meningkatnya pupolasi gajah di negara itu dan alasan kekeringan.

Baca juga: Kaavan Gajah Paling Kesepian di Dunia Akhirnya Punya Teman Setelah 8 Tahun

Dilansir dari Reuters, Kamis (3/12/2020), alasan lain pelelangan gajah tersebut adalah meningkatnya konflik antara gajah dan manusia di negara itu.

Kendati demikian, Namibia menegaskan bahwa pelelangan gajah liar tersebut harus lolos sejumlah kriteria ketat yang wajib dipenuhi.

Kriteria ketat tersebut mencakup fasilitas karantina dan sertifikat game-proof fence untuk kandang gajah.

Baca juga: Cegah Gajah Makan Plastik, Sri Lanka Akan Buat Parit dan Pagar Listrik

Pembeli asing juga harus memberikan bukti bahwa otoritas konservasi di negara asal pembeli akan mengizinkan mereka untuk mengekspor gajah ke negaranya.

Sebelumnya, pada Oktober, Namibia telah menjual 70 kerbau betina dan 30 kerbau jantan dari Waterberg Plateau Park dalam upaya mengurangi tekanan pada lahan penggembalaan.

Negara Afrika selatan yang gersang itu juga melelang 1.000 hewan dari taman nasional, termasuk 500 kerbau pada 2019 karena menghadapi kekeringan terburuk dalam satu abad terakhir.

Baca juga: Gajah-gajah Mati Perlahan karena Makan Plastik di Tempat Pembuangan Sampah Sri Lanka

Seperti sejumlah negara Afrika lainnya, Namibia mencoba mencari keseimbangan antara melindungi spesies bernilai tinggi seperti gajah dan badak, sambil mengelola bahaya yang mereka timbulkan saat hewan-hewan itu merambah tempat tinggal manusia.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X