Akhirnya, China Ucapkan Selamat Kepada Presiden AS Terpilih Joe Biden

Kompas.com - 13/11/2020, 15:42 WIB
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. Screengrab video YouTube RuptlyJuru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

BEIJING, KOMPAS.com - China akhirnya mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden, lapor media Perancis AFP, Jumat (13/11/2020).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan, "Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami ungkapkan ucapan selamat dari kami untuk Tuan Biden dan Nyonya Harris," ungkap Wenbin mengacu pada wakil presiden terpilih Kamala Harris.

Ucapan selamat dari China datang hampir satu minggu setelah pemenang pemilihan presiden diumumkan.

Baca juga: Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS Belum Diakui China, Kenapa?

Hubungan AS-China telah meningkat tegang beberapa tahun belakangan di bawah pemerintahan petahana Donald Trump, dan hubungan sedingin es itu terjadi sejak hubuang resmi dibangun empat dekade lalu.

Wang mengatakan China memahami "hasil pemilu AS akan ditentukan sesuai dengan hukum dan prosedur AS".

China sebelumnya berada di antara segelintir negara besar termasuk Rusia dan Meksiko yang belum memberi selamat kepada presiden terpilih.

Baca juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, Indonesia, China, dan Australia Beda Reaksi

Pada awal pekan ini, Beijing hanya berkomentar bahwa mereka "mengetahui Biden menyatakan dirinya adalah pemenang".

Sejak media AS menyebut siapa pemenang pemilihan presiden, Trump masih belum menerima kenyataan.

Empat tahun Trump di Gedung Putih telah ditandai oleh perang dagang antara kedua kekuatan, Beijing dan Washington.

Baca juga: Restoran Mi di China Gembira Biden Menang Pilpres AS: Kami Teman Lama

Trump juga menyalahkan Beijing atas pandemi Covid-19 dan kerap mengkritik catatan hak asasi manusia China di Xinjiang dan Hong Kong.

Di bawah panji "America First"-nya, Trump telah menggambarkan China sebagai ancaman terbesar bagi Amerika Serikat dan demokrasi global.


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X