Foto Viral Sampul Majalah "TIME... to go" Bergambar Trump, Ini Faktanya...

Kompas.com - 09/11/2020, 13:25 WIB
Foto sampul majalah TIME... to go bergambar siluet Donald Trump yang viral di media sosial. TWITTER @RipleyPon13Foto sampul majalah TIME... to go bergambar siluet Donald Trump yang viral di media sosial.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah foto viral di media sosial yang berisi mengenai sampul majalah TIME bertuliskan "TIME... to go" dengan siluet Donald Trump keluar pintu di pojok kanan bawah.

Foto itu viral tak lama setelah pengumuman kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS 2020, yang menandai akhir dari kekuasaan Trump di "Negeri Paman Sam".

Lantas, apakah benar majalah TIME memang membuat sampul majalahnya seperti itu?

Baca juga: Pilpres AS: Jalan Terjal Transisi Kekuasaan dari Donald Trump kepada Joe Biden...

Dari penelusuran yang dilakukan The Logical Indian, ternyata foto itu palsu dan sudah ramai diperbincangkan di dunia maya sejak akhir Mei.

Kala itu sejumlah netizen mengunggah foto sampul majalah "TIME... to go" untuk menyuarakan keinginan mereka agar Trump lengser dari jabatan presiden AS.

The Logical Indian menyebutkan, ada tanda-tanda kasatmata bahwa foto itu hasil rekayasa, bukan resmi keluaran TIME sendiri.

Baca juga: Joe Biden Menang Pilpres Amerika, Bagaimana Hubungan AS-China ke Depan?

Pertama, tidak ada tanggal penerbitan di pojok kanan atas. Kedua, tidak ada logo TIME.com di pojok kanan bawah, dan yang ada justru sebuah tulisan kemungkinan watermark dari pembuat gambar tersebut.

Majalah TIME juga selalu mengunggah semua foto sampul mereka secara online, tetapi tak ada foto "TIME... to go" di lini masa media sosial mereka.

Tidak ditemukan juga foto sampul tersebut dalam arsip majalah TIME.

Di bawah ini adalah contoh foto sampul majalah TIME yang asli. Ada tanggal penerbitan di pojok kanan atas, dan cap TIME.com di pojok kanan bawah.

Pada Mei, TIME memang membuat foto sampul majalah tentang Trump, tetapi tidak sama dengan "TIME... to go".

Baca juga: Harapan Para Pemimpin Dunia atas Kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS

Foto sampul majalah TIME bergambar Trump pada Mei 2020.TIME Foto sampul majalah TIME bergambar Trump pada Mei 2020.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X