Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Viral Sampul Majalah "TIME... to go" Bergambar Trump, Ini Faktanya...

Foto itu viral tak lama setelah pengumuman kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS 2020, yang menandai akhir dari kekuasaan Trump di "Negeri Paman Sam".

Lantas, apakah benar majalah TIME memang membuat sampul majalahnya seperti itu?

Dari penelusuran yang dilakukan The Logical Indian, ternyata foto itu palsu dan sudah ramai diperbincangkan di dunia maya sejak akhir Mei.

Kala itu sejumlah netizen mengunggah foto sampul majalah "TIME... to go" untuk menyuarakan keinginan mereka agar Trump lengser dari jabatan presiden AS.

Pertama, tidak ada tanggal penerbitan di pojok kanan atas. Kedua, tidak ada logo TIME.com di pojok kanan bawah, dan yang ada justru sebuah tulisan kemungkinan watermark dari pembuat gambar tersebut.

Majalah TIME juga selalu mengunggah semua foto sampul mereka secara online, tetapi tak ada foto "TIME... to go" di lini masa media sosial mereka.

Tidak ditemukan juga foto sampul tersebut dalam arsip majalah TIME.

Di bawah ini adalah contoh foto sampul majalah TIME yang asli. Ada tanggal penerbitan di pojok kanan atas, dan cap TIME.com di pojok kanan bawah.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/09/132557170/foto-viral-sampul-majalah-time-to-go-bergambar-trump-ini-faktanya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke