Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Wakil Presiden Perempuan Pertama AS, Begini Kata Kamala Harris

Kompas.com - 08/11/2020, 13:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP,Sky News

WILMINGTON, KOMPAS.com - Kamala Harris menyatakan, dirinya tidak akan menjadi perempuan pertama dan terakhir yang bisa menjadi Wakil Presiden AS.

Dia menegaskannya dalam pidato perkenalan di depan pendukung di Chase Center, sebelum kemudian memperkenalkan presiden terpilih Joe Biden.

Kamala yang sebelummya menjabat sebagai Senator California itu mengenakan setelan putih, sebagai penghormatan untuk hak pilih perempuan.

Baca juga: Profil Kamala Harris: Wanita Kulit Hitam Pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika

Dia membuka pidatonya dengan menceritakan ibunya yang datang dari India ke AS pada usia 18 tahun, di mana dia tentu tak menyangka putrinya akan jadi orang nomor dua di sana.

"Tetapi dia percaya dan begitu yakin bahwa momen seperti ini di Amerika bakalan terwujud," jelas Kamala dalam pidatonya tersebut.

"Saya memikirkan dia... dan saya juga memikirkan generasi perempuan, kulit hitam, putih, Asia, Latina yang membuat sejarah membuka jalan bagi kita," kata dia.

"Mungkin saya adalah wakil presiden perempuan pertama di AS. Tapi saya jelas takkan jadi yang terakhir," tegas Kamala Harris diiringi lengkingan klakson dan sorakan.

"Karena setiap gadis kecil yang melihat ini akan percaya bahwa mereka bisa di negeri ini," lanjutnya dikutip AFP dan Sky News Minggu (8/11/2020).

Mantan Jaksa Agung California itu menyatakan, dia berjanji bakal memerangi rasialisme yang sudah mengakar kuat di "Negeri Uncle Sam".

Baca juga: Pemilu Amerika: Pemimpin Dunia Berikan Selamat kepada Biden dan Kamala Harris

Pidato dari politisi 56 tahun itu merupakan tanda peran penting yang diberikan Joe Biden, di mana mereka masing-masing berbagi sorotan.

Biden sendiri setelah diperkenalkan Kamala juga memberikan pidatonya, daripada secara tradisional berbagi panggung dengan tandem mereka.

Kamala memulai pidatonya dengan memberi penghormatan bagi mendiang anggota DPR AS asal Georgia, John Lewis, yang merupakan pejuang hak sipil.

Baca juga: Kamala Harris kepada Biden: Kita Berhasil Joe

Mengutip pernyataan Lewis, Kamala mengatakan bahwa demokrasi bukanlah negara. Melainkan tindakan, dan hanya bisa dicapai jika rakyat ikut berjuang.

Karena itu, dia menuturkan bahwa dalam Pilpres AS kali ini seluruh mata di muka Bumi melihat mereka, dengan "jiwa Amerika berada di ujung tanduk".

"Saya tahu dalam beberapa bulan terakhir merupakan tantangan. Tapi Anda memilih harapan, persatuan, sains, dan ya, kebenaran," ulasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com