Kompas.com - 08/11/2020, 12:15 WIB
Joe Biden dan Donald Trump di pilpres AS 2020. ROURKE/SEMANSKY/AP/DPA via DW INDONESIAJoe Biden dan Donald Trump di pilpres AS 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Partai Demokrat, diproyeksikan oleh CNN, akan tetap menjadi mayoritas di DPR, tapi dengan jumlah kursi lebih sedikit.

Sebab, beberapa petahana partai Demokrat kalah dan sebagian penantang juga gagal untuk mengambil kursi Partai Republik.

Menjelang Hari Pemilu, Demokrat optimistis bisa memperluas mayoritasnya, tapi tidak dapat terjadi.

Melansir CNN pada Sabtu (7/11/2020), setidaknya 7 petahana Demokrat kehilangan kursi mereka, termasuk segelintir pendatang baru yang membalikkan distrik pada 2018, dan telah mendukung Donald Trump pada 2016.

Sementara itu, Partai Republik bertahan di daerah pinggiran kota, di mana Demokrat berharap untuk membuat terobosan.

Hasil akhir yang mengecewakan bagi Demokrat, ditambah dengan kemungkinan Partai Republik mempertahankan kendali Senat. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu mendorong pelampiasan dan saling tuding di antara Kongres Demokrat pada pekan ini, bahkan dengan Joe Biden memenangkan Gedung Putih.

Baca juga: Trump Masih Bersikukuh bahwa Dialah Pemenang Pilpres AS

Demokrat memperoleh keuntungan bersejarah di paruh waktu 2018 ketika mereka mengambil kembali DPR dari Partai Republik, setelah ditutup dari kekuasaan di Washington usai pemilu 2016 ketika Trump memenangkan Gedung Putih dan Partai Republik mengendalikan kedua kamar Kongres.

Partai Republik berharap untuk melakukan ofensif pada 2020 dengan menargetkan anggota parlemen Demokrat di distrik Trump.

Ketika DPR memilih untuk memakzulkan presiden Trump, Partai Republik bersumpah bahwa Demokrat moderat akan membayar harga di kotak suara dan memperingatkan bahwa pemakzulan akan merugikan partai mayoritas mereka.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X