Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Azerbaijan-Armenia Sudah Gencatan Senjata, Ledakan Masih Melanda Nagorno-Karabakh

Kompas.com - 11/10/2020, 11:41 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

STEPANAKERT, KOMPAS.com - Ledakan baru mengguncang ibu kota wilayah Nagorno-Karabakh pada Sabtu malam (10/10/2020), meski Armenia dan Azerbaijan sudah menyetujui gencatan senjata.

Ledakan itu dilaporkan oleh seorang jurnalis AFP di lokasi, dan dikatakan ada tujuh ledakan keras yang mengguncang Stepanakert sekitar pukul 23.30 malam waktu setempat.

Sirene pun langsung berbunyi untuk memperingatkan warga agar berlindung di ruang bawah tanah dan tempat-tempat aman.

Baca juga: Perang Armenia-Azebaijan Ancam Keamanan Perbatasan, Rusia Tidak Bisa Mundur dari Konflik

Sebelumnya adu tembak juga terjadi hanya lima menit setelah gencatan senjata berlaku efektif, yang disepakati mulai pukul 12.00 siang waktu setempat.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Armenia Shushan Stepanyan mengatakan, "mengabaikan gencatan senjata yang diumumkan sebelumnya", pasukan Azerbaijan melancarkan serangan di garis depan pukul 12.05 waktu setempat.

Sementara itu Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan, pasukan Armenia juga melakukan serangan di garis depan dan menembaki dua daerah berpenduduk.

Baca juga: Baru 5 Menit Gencatan Senjata Sudah Baku Tembak Lagi, Azerbaijan-Armenia Saling Tuduh

"Armenia terang-terangan melanggar gencatan senjata," kata kementerian itu dalam pernyataan yang dikutip kantor berita AFP.

Kedua pihak juga saling tuduh melakukan serangan sebelum batas waktu gencatan senjata.

Ombudsman Karabakh Artak Beglaryan mengatakan, rudal-rudal ditembakkan ke Stepanakert ibu kota Nagorno-Karabakh, sedangkan Azerbaijan menyebut setidaknya lima distrik berpenduduk diberondong tembakan hebat.

Baca juga: Rudal Azerbaijan Hantam Ibu Kota Karabakh Sesaat Jelang Gencatan Senjata

Armenia dan Azerbaijan menyetujui gencatan senjata setelah 11 jam berunding di Moskwa, Rusia, tetapi keduanya saling tuduh melanggar perjanjian dengan adu tembak yang masih terjadi.

Meski begitu situasi kini dilaporkan lebih tenang dari biasanya. Kemarin sore banyak warga Stepanakert yang keluar rumah selama jeda penembakan dan serangan rudal.

Baca juga: Usai Berunding 11 Jam, Azerbaijan-Armenia Sepakat Gencatan Senjata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com