PM Pakistan Berencana Hukum Mati Pemerkosa di Depan Umum

Kompas.com - 17/09/2020, 10:15 WIB
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan. AFP / AAMIR QURESHIPerdana Menteri Pakistan Imran Khan.

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Perdana menteri Pakistan Imran Khan menyatakan, dia berencana menghukum mati pemerkosa di depan umum atau mengebirinya.

Rencana itu disampaikannya menyusl kabar pemerkosaan beramai-ramai yang dilakukan terhadap ibu asal Perancis di depan dua anaknya.

Dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi dikutip The Times, Khan menuturkan mereka sempat mendapat ide mengembalikan hukuman gantung di muka publik.

Baca juga: Komnas PA Minta Pendeta Pelaku Pencabulan Anak Dihukum Kebiri

Namun seperti dilansir The Sun Rabu (16/9/2020), pemerintah Pakistan kemudian mendapat imbauan agar mengurungkan niat mereka.

"Dalam opini saya, seharusnya para pemerkosa itu dihukum mati di depan umum. Namun sayangnya, kami diminta tak melakukannya," kata Imran Khan.

Mantan bintang kriket itu menuturkan, jika mereka sampai melaksanakanya, maka efeknya adalah status perdagangan mereka dengan dunia Barat.

Sebagai alternatif, PM Pakistan berusia 67 tahun itu kemudian mengusulkan kebiri baik secara ilmiah maupun lewat jalur operasi.

Penggunaan hukuman itu, kata dia, bergantung pada kejahatannya. Dia menggunakan analogi dakwaan pembunuhan yang terdiri dari tiga tingkat.

"Jika terdapat pemerkosaan tingkat pertama, maka kebiri mereka. Buat para penjahat itu tak bisa lagi melakukannya," kata Khan.

Baca juga: Empat Pelaku Pemerkosaan dan Pembunuhan di India Dihukum Gantung

Kejahatan yang menakutkan

Komentar politisi dari Partai Thereek-e-Insaf itu disambut baik netizen setempat, menyikapi kekerasan seksual di Lahore pekan lalu.

Halaman:

Sumber The Sun
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X