Penasihat Keamanan AS Puji Kemampuan Angkatan Udara UEA

Kompas.com - 01/09/2020, 19:43 WIB
Jet tempur siluman baru Israel, F-35, buatan Lockheed Martin, AS, dalam terbang uji coba. (Foto: Dok) Lockheed Martin/Jerusalem PostJet tempur siluman baru Israel, F-35, buatan Lockheed Martin, AS, dalam terbang uji coba. (Foto: Dok)

ABU DHABI, KOMPAS.com – Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien mengatakan Angkatan Udara Uni Emirat Arab ( UEA) adalah salah satu kekuatan yang paling kapabel di dunia.

O’Brien mengatakan pujian itu pada Selasa (1/9/2020) dalam rangka kunjungan Amerika Serikat (AS) dan Israel di UEA sebagaimana dilansir dari The National.

Di Pangkalan Udara Al Dhafra, dekat Abu Dhabi, O’Brien menambahkan bahwa reputasi angkatan bersenjata UEA telah mendunia.

"Itu adalah salah satu kekuatan paling kapabel di dunia dan kami bangga bermitra dengan Anda dan berdampingan dengan Anda," kata O'Brian kepada para pejabat UEA.

Baca juga: Sambut Delegasi Yahudi, UEA Siapkan Makanan Kosher

Selain O’Brien, Penasihat Gedung Putih sekaligus menantu Presiden AS Donald Trump yakni Jared Kushner merupakan pejabat tinggi AS yang berkunjung di UEA bersama dengan pejabat Israel.

O’Brien dan Kushner menaiki pesawat komersial pertama yang melayani rute Israel-UEA. Pesawat Al El bertolak dari Israel dan mendarat di UEA pada Senin (31/8/2020).

Penerbangan tersebut adalah penerbangan komersial pertama sejak UEA dan Israel sepakat menormalisasi hubungan pada Agustus.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Israel akan menangguhkan rencana aneksasi terhadap Tepi Barat sebagai imbalan untuk menjalin hubungan diplomatik dengan UEA.

Baca juga: Bendera Israel, AS, dan UEA Berkibar di Pertemuan Bersejarah Trilateral

Sebuah pernyataan oleh tiga negara mengatakan bahwa perjanjian itu adalah langkah berani menuju Timur Tengah yang lebih stabil, terintegrasi, dan makmur.

Falah Al Qahtani, seorang pejabat senior militer UEA, menerima delegasi yang berkunjung di Pangkalan Udara Al Dhafra.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X