Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brutal, Perempuan Pemimpin Kartel Paling Ditakuti di Meksiko Ini Ditangkap

Kompas.com - 08/08/2020, 15:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Seorang perempuan pemimpin kartel paling ditakuti di Meksiko ditangkap, setelah melakukan penculikan dan pembunuhan secara brutal.

Guadalupe Villareal, dikenal juga sebagai Si Letnan, merupakan salah satu petinggi Northeast Cartel, salah satu geng terjahat di Negeri "Sombrero".

Perempuan berusia 41 tahun itu ditangkap pada Selasa (4/8/2020) di Nuevo Laredo, Tamaulipas, bersama pacarnya yang diidentifikasi bernama Edna N.

Baca juga: Bos Kartel Narkoba Akhirnya Ditangkap, Dapat Julukan Si Palu Godam

Dilansir The Sun Jumat (7/8/2020), mengenakan kaus berkerah biru dan masker, wanita paling ditakuti di Meksiko itu digelandang ke mobil polisi.

Media setempat melaporkan, tidak ada baku tembak saat Si Letnan ditangkap, dengan penegak hukum menyita senjata dan sejumlah besar pil fentanyl.

Dia dilaporkan bakal diadili atas sejumlah perrbuatan brutal, seperti pembunuhan, bersekutu dengan geng kriminal, dan menyerang pejabat publik.

Sebelum bergabung menjadi pemimpin kartel, dia merupakan seorang polisi untuk negara bagian. Dia bergabung bersama Northeast Cartel sejak 2014.

Dia disebut merupakan salah satu petinggi penting di organisasi kejahatan tersebut, di mana dia dideskripsikan "sangat jahat".

Villareal bertanggung jawab atas kelab malam dan bar di Boys Town, kawasan lampu merah di Nuevo Laredo, di mana beberapa kali terdapat laporan penculikan hingga pembunuhan.

Sebagai salah satu tangan kanan organisasi, dia bertanggung jawab melakukan pemantauan untuk mengawasi pergerakan militer atau kartel saingan.

Dia juga menjalin hubungan yang akrab dengan polisi negara bagian lain, demi kelancaran operasi organisasi yang merupakan pecahan dari Los Zetas.

Adapun Los Zetas adalah salah satu kartel paling berbahaya di Meksiko, di mana mereka terlibat dalam peredaran narkoba sejak 1999.

Badan Pencegahan Narkoba AS (DEA) menerangkan, Northeast terlibat perang dengan kartel Gulf untuk berebut wilayah di Tamaulipas dan perbatasan Texas.

Baca juga: Video di Meksiko Tunjukkan Konvoi Pasukan Kartel Narkoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com