Kompas.com - 04/08/2020, 09:14 WIB
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020. AP/STRRatusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi akan mengevaluasi ibadah haji tahun ini yang diadakan di tengah pandemi virus corona.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah Hussein al-Sharif kepada media lokal pada Senin (3/8/2020).

Evaluasi tersebut sedianya akan berlangsung selama dua pekan mendatang. Ibadah haji 2020 sendiri telah selesai dilaksanakan pada Minggu (2/8/2020).

Dia menambahkan bahwa kementerian akan mengompilasi pelajaran yang bisa diambil dari prosedur ibadah haji tahun ini dengan berbagai protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: [VIDEO] Suasana Ibadah Haji yang Terapkan Physical Distancing


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu akan dijadikan bahan pelajaran untuk kemungkinan memulai persiapan ibadah umrah, sebagaimana dilansir Al Arabiya, Selasa (4/8/2020).

Pada akhir Februari, Arab Saudi melarang masuknya orang luar yang ingin beribadah umrah di Mekkah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Keputusan tersebut diambil otoritas Arab Saudi untuk menekan penyebaran virus corona.

Pada 4 Maret, Kerajaan Arab Saudi juga menangguhkan ibadah umrah bagi warga Mekkah dan rakyat Arab Saudi secara keseluruhan.

Baca juga: Demi Bisa Naik Haji, Pria Ini Jalan Kaki dan Bersepeda Lewati 28 Negara Selama 4 Tahun

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdulrahman bin Abdulaziz al-Sudais mengumumkan keberhasilan ibadah haji 2020.

Halaman:

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.