Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Tempat Shalat Lewat Aplikasi Hingga Kurban Online, Begini Perayaan Idul Adha di Seluruh Dunia

Kompas.com - 29/07/2020, 22:02 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Al Jazeera

LONDON, KOMPAS.com - Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha di tengah pandemi virus corona yang sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 16 juta orang di seluruh dunia.

Seperti perayaan Idul Fitri sebelumnya umat Islam didorong untuk mengambil tindakan pencegahan dan sedikit memodifikasi perayaan untuk menekan penyebaran virus corona.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (29/7/2020) dalam perayaan Idul Adha tahun ini, umat Islam di seluruh dunia juga sedikit memodifikasi perayaannya kala pandemi virus corona.

Baca juga: Menyambut Idul Adha, Taliban Umumkan Gencatan Senjata 3 hari di Afghanistan

Inggris

Di Inggris, Dewan Muslim Inggris (MCB) telah menerbitkan rekomendasi protokol kesehatan ketika shalat berjamaah di lapangan terbuka dan jika terpaksa melakukan shalat berjemaah didalam ruangan.

Waktu yang untuk khotbah juga harus dibuat singkat. Setelah shalat Idul Adha, para jemaah tidak diperbolehkan bersalaman dan berpelukan.

MCB juga menyarankan setelah pemotongan kurban selesai, umat Islam di Inggris juga diminta tetap di rumah.

Setelah menyembelih hewan kurban, MCB juga mengimbau agar daging kurban didistribusikan skala lokal dengan mendistribusikannya tanpa berkontak fisik.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli

Kanada

Beberapa masjid di Kanada mengikuti pedoman Masjid Jame Toronto. Takmir masjid mendorong umat Islam untuk memesan tempat shalat melalui aplikasi SMART Jamaat.

Terdapat beberapa kloter shalat Idul Adha di aplikasi tersebut. Hal itu dimaksudkan agar para jemaah tetap menjaga jarak dan masjid dapat menampung jemaah yang melaksanakan shalat Idul Adha.

Bagi mereka yang tidak dapat memesan melalui aplikasi tersebut, Asosiasi Islam Bosnia (BIA) di Toronto mengatakan Muslim masih bisa melakukan Shalat Id di rumah saja.

BIA menyarankan umat Islam untuk terus mengikuti sunnah Nabi Muhammad dengan mengenakan pakaian terbaik dan membaca takbir sebanyak mungkin sejak subuh hingga shalat Id.

Baca juga: Jumlah Pemudik Idul Adha di Terminal Bekasi Diprediksi Meningkat Kamis Besok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com