Pakar Sebut Kim Jong Un Bisa Dikudeta Adiknya Sendiri, Kim Yo Jong

Kompas.com - 20/07/2020, 11:25 WIB
Foto yang dirilis pada 27 April 2018 memperlihatkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani buku tamu di sebelah adik sekaligus penasihatnya, Kim Yo Jong, di desa perbatasan terpercaya Panmunjeom, Korea Selatan. AP/Korea Summit Press PoolFoto yang dirilis pada 27 April 2018 memperlihatkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani buku tamu di sebelah adik sekaligus penasihatnya, Kim Yo Jong, di desa perbatasan terpercaya Panmunjeom, Korea Selatan.

LONDON, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpotensi dikudeta oleh sang adik, Kim Yo Jong, melalui promosinya di politbiro Partai Buruh Korea.

Pernyataan itu disampaikan pakar yang sering berkunjung ke Korut sekaligus penulis buku Look With Your Eyes and Tell the World, Roy Calley.

Dia mendasarkan pendapatnya pada publikasi Daily NK, di mana Kim Yo Jong menghadiri pertemuan politbiro pada 2 Juli lalu sebagai anggota tetap.

Baca juga: Kim Yo Jong Perkuat Posisinya sebagai Orang Nomor 2 di Korea Utara

Dilansir Daily Express Minggu (19/7/2020), kabar itu menjadi indikasi jelas bahwa dia "meneguhkan" posisinya sebagai orang nomor dua Kim Jong Un.

"Kabar ini meyakinkan saya bahwa saat ini dia tengah beranjak menuju ke posisi yang memberikannya kekuasaan tak terbatas," ujar Calley.

Dia menuturkan politik Korea Utara memang tak bisa ditebak. Tapi dia menduga, pendekatan lembut yang dibawakan oleh Kim kakak nampaknya tidak berhasil.

Karena itu, pendekatan keras pun dibawakan oleh Kim adik. "Sulit membayangkannya menikmati percakapan hangat dengan (Presiden AS Donald) Trump," kata dia.

Apalagi pada pekan lalu, Kim junior sempat memberikan opini pribadi, di mana dia menyatakan pertemuan lain dengan Trump tidak akan memuaskan mereka.

Pernyataan itu menekankan bahwa perundingan dua negara tidak akan terjadi, kecuali Washington "mengubah perilaku", dan mengakhiri "kebijakan bermusuhan" mereka.

Calley melanjutkan, dia masih mempertanyakan apakah Kim kakak masih mempunyai masalah dengan kesehatannya, di mana dia sempat dirumorkan meninggal pada April lalu.

Baca juga: Kim Jong Un Beri Izin Kim Yo Jong Tonton Perayaan HUT AS dari DVD

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X