Kim Yo Jong, Adik Kim Jong Un yang Mulai Unjuk Gigi

Kompas.com - 16/06/2020, 20:09 WIB
Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019. Jorge Silva/REUTERSKim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, belakangan ini gencar unjuk kekuatan di mata dunia.

Akhir pekan lalu ia memperingatkan kantor penghubung Korea akan segera "rata dengan tanah". Pada Selasa (16/6/2020), terbukti ancaman itu bukan gertakan belaka.

Kim Yo Jong adalah salah satu penasihat kakaknya yang paling terpercaya, dan termasuk wanita terkuat di rezim Korea Utara.

Popularitasnya meningkat drastis setelah namanya disebut-sebut sebagai calon pengganti Kim Jong Un.

Baca juga: Kantor Penghubung Korut dan Korsel di Kaesong, Simbol Politik yang Kini Rata dengan Tanah

Pernyataan pertama atas namanya sendiri dikeluarkan pada Maret 2020. Lalu belakangan ini dia berada di garis terdepan dalam konfrontasi Pyongyang dengan pembelot di Korsel yang menyebarkan selebaran anti-Pyongyang di perbatasan.

Secara resmi dia hanya anggota pengganti Biro Politik Komite Sentral, tetapi akhir pekan lalu kantor berita pemerintah Korut KCNA menerbitkan pernyataan Kim Yo Jong.

Pernyataan perempuan itu merujuk ke "kekuasaanku disahkan oleh Pemimpin Tertinggi, Partai, dan negara kita."

Menurut Kementerian Unifikasi, Kim Yo Jong lahir pada 1988. Ia merupakan salah satu dari tiga anak Kim Jong Il dari pernikahannya dengan Ko Yong Hui, seorang penari.

Dulu Kim Yo Jong bersekolah di Swiss bareng kakaknya, dan naik pangkat sangat cepat usai kakaknya mewarisi kekuasaan sang ayah pada 2011.

Keberadaannya nyaris tidak diketahui dunia sampai pemakaman ayahnya. Kala itu ia terlihat berdiri tepat di belakang Kim Jong Un saat diliput televisi pemerintah. Kim Yo Jong tampak menangis dan berwajah pucat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X