Topan Landa Filipina dan Hancurkan Rumahnya, Pria Ini Iris Pergelangan Tangan

Kompas.com - 16/05/2020, 12:09 WIB
Kamis ini, 14 Mei 2020, gambar satelit yang dirilis oleh NASA menunjukkan Topan Vongfong menderu menuju Filipina timur. EOSDIS VIA APKamis ini, 14 Mei 2020, gambar satelit yang dirilis oleh NASA menunjukkan Topan Vongfong menderu menuju Filipina timur.

MANILA, KOMPAS.com - Hujan angin yang begitu kuat dari Topan Vongfong (orang Filipina menyebutnya Topan Ompong) menewaskan satu orang dan merusak ratusan rumah serta fasilitas karantina virus corona.

Begitu pun sawah dan ladang-ladang jagung di lima kota bagian Timur negara Filipina, menurut Gubernur Ben Evardone, pada Jumat (15/5/2020).

Dilansir AP, Evardone, gubernur untuk Provinsi Samar Timur, mengatakan, badai topan melanda daratan, para warga sedih meratapi rumah-rumah mereka yang hancur atau tertiup angin, ungkapnya ketika meninjau ke lokasi. 

Baca juga: Lockdown Ketat di Filipina Potensi Timbulkan Gejolak Sosial

Salah seorang pria yang kehilangan rumah bahkan mengiris pergelangan tangannya, tetapi dia sudah dalam penanganan medis.

Sementara seorang yang tewas akibat kehabisan darah karena terluka oleh pecahan kaca gedung sekolah ketika dia berusaha untuk masuk ke dalam bangunan itu.

"Kerusakan yang saya lihat sangat luas. Sebuah atap gereja luluh lantak, rangka besinya tertekuk parah akibat topan," ungkap Evardone via ponsel.

Baca juga: Pria Ini Ditembak Mati di Filipina karena Remehkan Aturan Saat Wabah Virus Corona

Video dan gambar yang menunjukkan kondisi kehancuran yang dikirim oleh Evardone menunjukkan beberapa bangunan rendah dan pusat olahraga hancur atau rusak parah dengan atapnya terkelupas atau cacat dan rangka besi mereka tertekuk.

Penduduk desa di luar rumah mereka yang rusak berteriak 'minta tolong' dalam satu video.

Dia mengatakan dia dan sekelompok militer, polisi dan pemerintah setempat gagal mencapai dua kota yang dilanda topan, Jipapad dan Maslog, karena adanya pohon tumbang di jalan.

Baca juga: Bawa Tenaga Medis Corona, Pesawat Lionair Filipina Jatuh, 8 Orang Tewas

 

Ponsel dan komunikasi radio dua arah ke daerah-daerah yang jauh tak bisa digunakan, dan Evardone mengimbau militer untuk mengerahkan helikopter.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X