Pemimpin Dunia Minta Vaksin Virus Corona Harus Tersedia Gratis

Kompas.com - 14/05/2020, 22:05 WIB
Vaksi virus corona SARS-CoV-2 masih diuji coba sampai dipatenkan. EPA-EFE/CJ GUNTHER CJ GUNTHERVaksi virus corona SARS-CoV-2 masih diuji coba sampai dipatenkan. EPA-EFE/CJ GUNTHER

JENEWA, KOMPAS.com - Pemimpin dunia, baik mantan maupun aktif, menyerukan agar segala vaksin virus corona maupun pengobatan lainnya bisa terakses secara gratis.

Seruan itu tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh 140 petinggi maupun eks. Di antaranya Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.

Dalam surat itu, mereka menyerukan agar vaksin virus corona tidak boleh dibagikan, dengan penelitiannya harus dibagikan ke seluruh dunia.

Baca juga: Dituding AS Hendak Mencuri Vaksin Virus Corona, China Merasa Ternodai

Penandatangan surat meminta agar Dewan Kesehatan Dunia (WHA) agar mendukung langkah itu, sebagaimana diberitakan AFP Kamis (14/5/2020).

Rencananya, organisasi yang membawahi Badan Kesehatan Dunia (WHO) itu akan melangsungkan pertemuan tahunan mereka pada pekan depan.

Surat itu menyatakan bahwa semua pemangku kepentingan, baik negara maupun organisasi internasional di seluruh dunia, harus bekerja sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memastikan, ketika vaksin yang aman dan efektif dikembangkan, harus diproduksi dalam skala besar dan tersedia ke semua lapisan, gratis," ujar surat itu.

Pemimpin dunia yang mendukung langkah tersebut juga meminta agar metode pengobatan lain berkaitan dengan Covid-19 juga dibuat sama.

Mereka yang memberikan dukungan antara lain Mary McAleese (mantan Presiden Irlandia), Gordon Brown (mantan Perdana Menteri Inggris).

Baca juga: FBI Peringatkan Hacker China Berniat Curi Data Vaksin Virus Corona

Kemudian Olusegun Obasanjo (mantan Presiden Nigeria), Jose Manuel Barroso (mantan Presiden Komisi Eropa), maupun Ellen Johnson Sirleaf, (eks Presiden Liberia).

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.