Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulkan Rp 556 Miliar untuk Staf Medis, Kapten PD II Naik Pangkat di Usia 100 Tahun

Kompas.com - 01/05/2020, 15:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber CNN

BEDFORDSHIRE, KOMPAS.com - Veteran Perang Dunia II Tom Moore naik pangkat di hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Kamis (30/4/2020), setelah sukses menggalang dana miliaran rupiah untuk staf medis.

Tom Moore telah berhasil menggalang dana lebih dari 30 juta poundsterling (sekitar Rp 556 miliar) untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), dengan berjalan mengitari kebunnya.

Kemudian di hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Kamis (30/4/2020), Tom Moore yang berpangkat kapten selama karier militernya dipromosikan menjadi Kolonel Kehormatan.

Baca juga: Galang Dana dengan Jalan Kaki untuk NHS, Veteran Ini Kumpulkan Rp 309 Miliar

Kenaikan pangkat ini diberikan sebagai pengakuan atas upayanya untuk mengumpulkan uang guna membantu operasional Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

"Kebijaksanaannya, sikap tanpa basa-basi, dan humor dalam kesulitan membuatnya jadi teladan inspirasional bagi generasi muda dan tua," ucap Jenderal Mark Carleton-Smith, kepala staf umum Angkatan Darat Inggris, dalam sebuah pernyataan pada Kamis yang dikutip CNN.

Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan, Moore telah ditunjuk sebagai Kolonel Kehormatan pertama dari Army Foundation College Harrogate.

Baca juga: Setelah Berhasil Galang Dana untuk NHS, Lagu Veteran 99 Tahun Ini Puncaki Tangga Lagu Inggris

Veteran perang ini di hari yang sama juga mengucapkan terima kasih kepada semua pendukungnya di media sosial, setelah ia mengumpulkan lebih dari 30 juta poundsterling di laman galang dana untuk NHS.

Dia juga menerima lebih dari 125.000 kartu ucapan ulang tahun, yang dipajang di Bedford School Inggris, tempat cucunya bersekolah.

Relawan diminta untuk membuka kartu itu setelah beliau menjadi sensasi internasional dalam upaya penggalangan dana.

Baca juga: Jasad Petugas Medis NHS Ini Sempat Hilang, Keluarga Keluhkan Biaya Pemakaman

"Jumlah kartu yang dikirim ke kakek sangat mencengangkan," kata Benjie Ingram-Moore yang mengelola akun media sosial Tom Moore.

"Begitu banyak kartu yang benar-benar menyentuh hati dengan ribuan dari anak-anak muda yang telah meluangkan waktu untuk menggunakan bakat artistik mereka dan menulis pesan pribadi," kata cucu Moore tersebut.

Lahir di Yorkshire, Inggris Utara, Moore dilatih sebagai insinyur sipil sebelum didaftarkan di Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia II.

Baca juga: Ini Cerita dari Seorang Dokter Muda NHS Garda Depan Perlawanan Virus Corona

Di medan laga ia bertugas di India, Indonesia, dan Inggris. Ia kemudian menjadi direktur pelaksana pabrik beton.

Setelah kematian istrinya pada 2006, ia pindah untuk tinggal bersama putrinya, menantu, dan 2 cucu di Bedfordshire, tempat di mana dirinya menetap sampai sekarang.

Moore mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak pernah terpikir bisa mengumpulkan banyak uang untuk NHS.

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson: Saya Berutang Nyawa kepada Tim Medis NHS

"Saya benar-benar tidak menyangka jumlah uang ini - dan ketika Anda mentransfernya ke dalam dollar AS, itu bahkan lebih besar."

"Kami benar-benar tidak pernah, semenit pun berpikir kami akan mendapatkan uang sebanyak ini. Kami mulai dengan sedikit angka sederhana," teran Moore kepada CNN di acara Connect The World pada 17 April.

Baca juga: 19 Petugas Medis NHS Inggris Tewas akibat Virus Corona, Matt Hancock Minta Jangan Salahkan APD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com