PM Inggris Boris Johnson: Saya Berutang Nyawa kepada Tim Medis NHS

Kompas.com - 12/04/2020, 13:04 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson AFP /GETTY IMAGESPerdana Menteri Inggris Boris Johnson

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson memuji Layanan Kesehatan Nasional ( NHS) karena telah menyelamatkan hidupnya.

Perdana Menteri mengatakan dia berutang nyawa kepada petugas medis NHS yang telah merawatnya karena virus corona.

Ketika itu juga, PM Inggris dan pemerintahannya, tengah menghadapi kritik tentang pasokan peralatan pelindung kepada pekerja garis depan.

Pernyataan terima kasih adalah pernyataan publik pertama Boris Johnson sejak dia dipindahkan dari perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Thomas, di London pusat.

Menyusul kemudian pernyataan Menteri Dalam Negeri Priti Patel yang mengungkapkan penyesalannya karena banyak orang berpikir pemerintah Inggris telah 'gagal' melindungi tenaga medis, merujuk pada Alat Pelindung Diri (APD).

Baca juga: Pelanggar Peraturan Setengah Lockdown di Singapura Didenda Rp 3.4 Juta di Tempat

Dan Royal College of Nursing (RCN) memberikan tekanan yang lebih besar pada para menteri dengan mendesak anggotanya untuk menolak memperlakukan pasien sebagai "pilihan terakhir" jika peralatan pelindung pribadi yang memadai (APD) tidak dapat disediakan.

Saran itu datang ketika jumlah korban tewas di Inggris mendekati 10.000 orang dan bagian NHS mengonfirmasi kematian lebih banyak petugas kesehatan setelah Menteri Kesehatan Matt Hancock mengeluarkan dana kepada 19 staf NHS yang meninggal karena Covid-19.

PM Johnson yang berterima kasih kepada petugas medis NHS berkata, "Saya tidak bisa merasa cukup untuk berterima kasih kepada mereka. Saya berutang nyawa kepada mereka. ”

Ada pun Priti Patel tampaknya menyarankan PM Johnson untuk tidak segera kembali ke kantor Perdana Menteri. Dia mengatakan, Johnson membutuhkan "waktu dan ruang untuk beristirahat dan pulih."

Sementara itu, diketahui bahwa petugas kesehatan terbaru yang meninggal selama wabah ini adalah Sara Trollope, seorang matron untuk layanan kesehatan mental orang dewasa.

Baca juga: Di Tengah Lockdown Virus Corona, Nenek 93 Tahun Ini Minta Bir

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber ITV
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X