Jokowi Terbuka Terima Bantuan Atasi Virus Corona, Ini Tanggapan Singapura

Kompas.com - 17/03/2020, 08:02 WIB
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat menghadiri ASEAN-South Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan, 26 November 2019. YONHAP/EPA-EFEPerdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat menghadiri ASEAN-South Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan, 26 November 2019.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan Indonesia terbuka atas bantuan yang ditawarkan Singapura untuk melawan virus corona. "Negeri Singa" pun memberi tanggapannya.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan hal tersebut di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (16/3/2020).

Dilansir dari The Straits Times, Jokowi mengatakan dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, tentang bantuan ini.

Akan tetapi, tidak dijelaskan lebih lanjut bantuan-bantuan apa saja yang akan diberikan Singapura ke Indonesia.

Baca juga: [POPULER TRAVEL] Tiga Gili Tutup | Imbauan Terbaru KBRI Singapura

"Minggu yang lalu saat saya berkomunikasi lewat telepon dengan PM Lee Singapura, Singapur mau membantu banyak kepada kita. Saya tidak ingat jumlahnya tetapi cukup banyak," kata Jokowi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Singapura membenarkan hal itu, mengatakan bahwa PM Lee telah berbicara dengan Joko Widodo pada 11 Maret.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Bekerja dari Rumah, Ini Arti Work From Home

"Kedua pihak setuju Singapura dan Indonesia harus memperkuat koordinasi untuk melawan ancaman ini."

"Singapura telah berhubungan erat dengan Kementerian dan lembaga Indonesia terkait situasi Covid-19, termasuk dalam penyediaan peralatan medis untuk Indonesia."

"Pemerintah Singapura juga telah menyediakan peralatan perlindungan pribadi ke Dinas Kesehatan Batam atas permintaannya," tulis Kementerian Luar Negeri Singapura di akun Facebook-nya pada Senin (16/3/2020).

Baca juga: Imbauan Terbaru KBRI Singapura Terkait Kasus Virus Corona

Jumat pekan lalu (13/3/2020), Konsul-Jenderal (Konjen) Singapura di Batam, Mark Low, menyerahkan 50 baju hazmat dan 2 alat bantu pernapasan ke Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X