Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Tornado di Tenessee AS Tewaskan 25 Orang

Kompas.com - 05/03/2020, 09:46 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Reuters,AFP

TENESSEE, KOMPAS.com - Tim pencari melakukan penyelamatan korban dari 40 gedung yang runtuh setelah tornado mematikan melanda Nashville, Tenessee, Amerika Serikat.

Angin tornado telah menewaskan sekiranya 25 orang dan menghancurkan puluhan gedung di Tenessee. Termasuk menyebabkan beberapa kerusakan fatal di tengah kota Nashville.

Putaran angin tornado mampu mengangkat pepohonan dari akarnya dan meruntuhkan bangunan. Polisi dan kru pemadam kebakaran telah melakukan penyelamatan terhadap korban dari 40 gedung yang runtuh.

Angin kencang juga terjadi akibat picuan dari tornado. Angin kencang itu melanda wilayah tenggara negara AS dini hari.

"Angin tornadonya menyeberang ke wilayah lain," ungkap walikota Nashville, John Cooper saat meninjau lokasi pengungsian darurat.

"Ada banyak orang di rumah sakit yang mengalami luka serius."

Angin tornado juga dilaporkan menuju Hermitage, 20 mil (16 km) timur Nashville, dengan bangunan, jembatan dan jalanan rusak.

"Komunitas kami tentu mengalami dampak signifikan," ungkap Mount Juliet Police Department dalam unggahan twitter mereka.

Penyanyi Country Carrie Underwood merupakan salah satu korban dari insiden ini. Dia mengatakan kalau suami dan anaknya terpaksa bersembunyi di salah satu ruangan mereka yang aman saat tornado menerjang wilayahnya.

Sebuah hangar di Bandara John C Tune, Nashville hancur. Seorang juru bicara mengatakan, "hangar itu mengalami kerusakan yang signifikan."

Adapun sekolah, pengadilan dan jalur kereta api juga ditutup setelah insiden tornado.
Beberapa TPS juga rusak hanya beberapa jam sebelum pemungutan suara Super Tuesday lalu.

Sementara itu, sehari setelah angin tornado menghancurkan kota dan menewaskan sekitar 25 orang di Tenessee, regu penyelamat pada Rabu (04/03/2020) mencoba menyisir daerah yang terdampak untuk menemukan korban yang masih bisa diselamatkan.

Terdapat lima orang anak dan 13 orang dewasa tewas di Putnam County, sekitar 130 kilometer dari pusat angin. Namun, media Perancis AFP mengabarkan 18 orang tewas di Putnam County dan 38 lainnya tidak ditemukan.

Sementara itu menurut pejabat setempat saat rapat singkat pagi, di bagian Timur Nashville, sebanyak 22 orang dilaporkan hilang ketika serangkaian pusaran angin menerpa dan merusak pada awal hari Selasa lalu.

"Kita harus merasa khawatir karena bisa jadi ada orang-orang yang masih berada di daerah terdampak. Bisa jadi masih ada beberapa orang terjebak," kata Walikota Wilayah Randy Porter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com