Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Pemerintah Negara Uni Eropa Atasi Virus Corona

Kompas.com - 05/03/2020, 07:16 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Uni Eropa membuat rencana darurat untuk mengatasi penyebaran virus corona dengan menyediakan kasur-kasur militer di rumah sakit.

Berikut ini adalah rencana negara-negara di Eropa dalam merespon kondisi penyebaran virus corona sampai kemungkinan terburuk:

  • AUSTRIA

Meski pemerintah Austria belum menyiapkan rencana darurat namun mereka meyakinkan akan berupaya semaksimal mungkin. Pemerintah Austria masih belum melakukan pengisolasian kota atau pun desa.

  • INGGRIS

Pemerintah Inggris telah mengestimasikan hingga seperlima karyawan bisa keluar dari pekerjaan pada saat puncak wabah. 

Tekanan pada layanan darurat dapat dilihat dari fokus polisi pada masalah-masalah kriminal serius terhadap rumah sakit yang menunda operasi atau pun membuat staf pensiun kembali bekerja.

Pemerintah juga telah mencoba untuk memperlambat penyebaran virus dengan menutup sekolah, membataskan pertemuan besar dan mengizinkan warga negaranya untuk bekerja dari rumah.

  • ESTONIA

Menteri kesehatan Estonia, Mart Helme mengatakan bahwa kepolisian dan penjaga perbatasan Estonia telah siap membantu proses karantina walau tidak mengumumkan situasi darurat di negaranya.

Rencana pemerintah juga baru akan didiskusikan pada Kamis (05/03/2020).

Baca juga: Vatikan: Paus Fransiskus Terkena Flu, Bukan Virus Corona

  • PERANCIS

Militer Perancis siap untuk turun tangan jika diperlukan, begitu kurang lebih ungkapan menteri pertahanan Perancis, Florence Parly tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Rumah sakit militer selalu siaga untuk menjaga pasien terinfeksi virus corona," imbuhnya.

  • JERMAN

Menteri kesehatan Jerman, Jens Spahn mengatakan bahwa tenaga medis semestinya fokus pada kasus-kasus yang akut jika penyebaran virus semakin memburuk, membutuhkan perencanaan, maka operasi-operasi yang kurang mendesak dapat ditunda.

Menteri dalam negeri Jerman, Horst Seehofer menerangkan bahwa tindakan menutup seluruh kota dan desa juga menjadi opsi bagi pemerintah Jerman jika ternyata infeksi virus semakin membahayakan. 

  • YUNANI

Pemerintah Yunani pada bulan lalu mengatakan bahwa penutupan area publik dan pelarangan wisata akan diaktivasikan jika wabah menyebar massal.

Peraturannya berada di dalam dekrit pemerintah termasuk pelarangan wisata sementara ke dan dari negara-negara dengan angka infeksi tinggi, dan menyediakan kasur jika dibutuhkan di hotel-hotel dan klinik-klinik khusus.

Dekrit pemerintah juga memberlakukan penutupan area pertemuan publik seperti sekolah, tempat ibadah, bioskop, tempat olahraga dan bisnis.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com