Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-727 Serangan Rusia ke Ukraina: Mobil Limosin untuk Kim | Putin Bicara Senjata Nuklir di Luar Angkasa

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-727 pada Selasa (20/2/2024). 

Ini termasuk, Media Pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah menghadiahkan sebuah mobil limosin buatan Rusia kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Sementara itu, petani di Polandia melanjutkan blokade sekitar 100 jalan menuju perbatasan Ukraina untuk memprotes impor yang “tidak terkendali” dan menuntut perubahan kebijakan pertanian Uni Eropa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-727 yang dapat Anda simak:

Hadiah mobil limosin untuk Kim

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selada dilaporkan telah menghadiahkan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebuah mobil limosin buatan Rusia.

"(Kim) diberikan sebuah mobil buatan Rusia untuk penggunaan pribadinya oleh Vladimir Vladimirovich Putin, presiden Federasi Rusia," lapor KCNA.

Adik perempuan Kim, Yo Jong, mengatakan hadiah tersebut berfungsi sebagai demonstrasi yang jelas tentang hubungan pribadi khusus antara para pemimpin tertinggi kedua negara.

Pemberian hadiah oleh Putin ini diketahui bertentangan dengan serangkaian sanksi PBB terhadap Korea Utara yang disetujui Rusia, menyangkut program nuklir dan senjata Kim lainnya.

Sanksi itu termasuk berupa larangan impor kendaraan atau barang mewah apa pun ke negara tersebut.

Swedia akan beri bantuan militer Rp 10,6 triliun

Swedia pada Selasa mengatakan akan memberikan peralatan militer senilai 7,1 miliar kronor (682 juta dollar AS atau Rp 10,6 triliun) kepada Ukraina.

“Alasan kami terus mendukung Ukraina adalah karena masalah kemanusiaan dan kepantasan. Rusia memulai perang yang ilegal, tidak beralasan, dan tidak dapat dipertahankan,” kata Menteri Pertahanan Pal Jonson dalam konferensi pers, dikutip dari AFP.

Paket tersebut akan terdiri dari peluru artileri, pertahanan udara, kapal dan senjata bawah air seperti ranjau dan torpedo serta pelatihan bagi tentara Ukraina.

Ini merupakan paket bantuan Swedia ke-15 untuk Ukraina dan merupakan yang terbesar hingga saat ini.

Sumpah Ilya Yashin

Politisi oposisi Rusia yang dipenjara, Ilya Yashin, pada Selasa bersumpah untuk terus memperjuangkan demokrasi di Rusia setelah mengetahui teman dan koleganya, kritikus Kremlin Alexei Navalny, telah meninggal di penjara.

Kematian musuh utama Presiden Vladimir Putin pekan lalu memicu kemarahan dan ketakutan bagi sekutu Navalny dan kritikus Kremlin lainnya yang dipenjara di Rusia.

“Selama jantung saya berdetak, saya akan melawan tirani. Selama saya hidup, saya tidak akan takut pada kejahatan,” kata Yashin dalam postingan di media sosial, yang disampaikan melalui pengacaranya.

Yashin dipenjara selama delapan setengah tahun pada bulan Desember 2022, karena dianggap menyebarkan informasi "palsu" tentang tentara Rusia, berdasarkan undang-undang yang mengkriminalisasi kritik terhadap serangan Ukraina.

Serangan Rusia tewaskan lima orang di Sumy

Serangan Rusia di wilayah Sumy di timur laut Ukraina menewaskan lima warga sipil pada hari Selasa.

“Menurut informasi awal, lima warga sipil tewas dan sebuah rumah pribadi rusak, di desa Nova Sloboda, sekitar 10 kilometer dari perbatasan Rusia," kata Komando Operasi Utara tentara Ukraina melalui Telegram.

Petani Polandia lanjutkan blokade 

Petani di Polandia melanjutkan blokade sekitar 100 jalan menuju perbatasan Ukraina pada Selasa pagi untuk memprotes impor yang “tidak terkendali” dan menuntut perubahan kebijakan pertanian Uni Eropa.

Selama berminggu-minggu para petani Polandia telah memblokir truk-truk barang Ukraina untuk memasuki negara mereka karena marah atas apa yang mereka katakan sebagai persaingan tidak sehat dengan impor yang lebih murah dari tetangga dan sekutu Polandia yang dilanda perang.

Di seluruh Eropa, para petani yang marah melakukan protes atas kenaikan biaya, tingginya harga bahan bakar, birokrasi dan persyaratan lingkungan dalam Kebijakan Pertanian Bersama (CAP) Uni Eropa dan “Kesepakatan Hijau” yang akan datang.

Lusinan traktor berangkat ke Ryki, sebuah kota yang berjarak 100 kilometer di tenggara ibu kota Warsawa. Mereka memblokir jalan raya utama yang menuju ke perbatasan Ukraina.

Para petani mengibarkan bendera merah putih Polandia di traktor mereka bersama dengan plakat yang bertuliskan: "Hentikan masuknya barang-barang Ukraina yang tidak terkendali" dan "Pertanian mati sedikit demi sedikit".

Perancis serukan penyelidikan independen atas kematian Navalny

Perancis pada Selasa menyerukan penyelidikan “independen” atas kematian pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny yang dipenjara setelah memanggil utusan Moskwa.

“Perancis menganggap pihak berwenang Rusia bertanggung jawab penuh atas kematian Alexei Navalny,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

"Perancis menyerukan penyelidikan yang independen dan mendalam,” kata Kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa duta besar Rusia telah dipanggil pada Senin (19/2/2024).

“Perancis menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat semua tahanan politik di Rusia dan khususnya menyatakan keprihatinan mendalam atas kondisi kesehatan kritis lawannya Vladimir Kara-Murza,” tambah pernyataan itu.

Perempuan AS-Rusia ditangkap di Rusia karena pengkhianatan

Badan keamanan FSB Rusia mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah menangkap seorang perempuan Amerika-Rusia atas tuduhan pengkhianatan karena mengumpulkan dana untuk tentara Ukraina.

FSB di kota Yekaterinburg, Ural tengah, mengatakan pihaknya telah "menindas aktivitas ilegal" seorang perempuan berusia 33 tahun, penduduk Los Angeles dengan kewarganegaraan ganda, dan menahannya.

Dikatakan bahwa perempuan yang tidak disebutkan namanya itu secara proaktif mengumpulkan dana yang kemudian digunakan untuk membeli barang-barang medis taktis, peralatan, alat pemusnah dan amunisi untuk angkatan bersenjata Ukraina.

Putin tepis kabar Rusia tempatkan senjata nuklir di luar angkasa

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa menepis tuduhan AS bahwa Moskwa sedang mengembangkan senjata anti-satelit berbasis ruang angkasa.

Pekan lalu Washington mengatakan pihaknya khawatir Rusia mengembangkan sistem tersebut dan mengatakan sistem tersebut tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap manusia di Bumi.

“Kami selalu menentang penempatan senjata nuklir di luar angkasa,” kata Putin dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Dia menyebut tuduhan tersebut sebagai bagian dari "kegaduhan yang muncul di Barat".

Rusia klaim berhasil rebut kembali jembatan di tepi kiri Sungai Dnipro

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Selasa mengatakan pasukan Rusia telah merebut kembali Krynky, jembatan Ukraina di sisi sungai Dnipro yang diduduki Moskwa.

“Saya mengonfirmasi bahwa Krynky telah dibebaskan,” kata Shoigu kepada Putin dalam pertemuan yang disiarkan televisi.

11 anak Ukraina kembali dari Rusia

Sebelas anak-anak Ukraina melintasi perbatasan dari Belarus ke Ukraina pada Selasa malam, yang merupakan kepulangan terbaru anak-anak yang dibawa ke Rusia dan wilayah-wilayah pendudukan selama hampir dua tahun perang Ukraina.

Muncul dari kegelapan di tempat penyeberangan kemanusiaan di perbatasan Belarus, anak-anak tersebut memeluk anggota keluarga mereka yang telah menunggu lebih dari enam jam.

Oleksandr, 16, adalah anak tertua di antara mereka yang dipulangkan oleh Moskwa melalui skema yang dimediasi Qatar.

“Hidup baruku dimulai,” katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2024/02/21/115800170/rangkuman-hari-ke-727-serangan-rusia-ke-ukraina--mobil-limosin-untuk-kim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke