Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KALEIDOSKOP INTERNASIONAL OKTOBER 2023: Perang Israel-Hamas Pecah | AS Hindari Government Shutdown

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa kejadian internasional menonjol yang terjadi selama Oktober 2023.

Ini termasuk, perang antara Israel dan Hamas mulai pecah.

Kabar internasional yang tak kalah menyita publik lainnya pada bulan kesepuluh tahun ini, yakni AS berhasil menghindari government shutdown.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah Kaleidoskop Internasional Oktober 2023 yang dapat Anda simak:

AS hindari government shutdown

Amerika Serikat (AS) menghindari government shutdown atau penghentian kegiatan pemerintah federal pada Minggu (1/10/2023).

Tahun fiskal baru di "Negeri Paman Sam" dimulai pada 1 Oktober, tetapi perselisihan sengit di parlemen yang dikuasai Partai Republik mengenai besaran utang federal menghambat pengesahan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan negara.

Salah satu isu yang dibahas adalah kelanjutan bantuan untuk Ukraina di masa perang.

Para anggota Partai Republik garis keras menentangnya, tetapi Presiden Joe Biden dan partainya yaitu Demokrat ingin tetap melanjutkan.

Kesepakatan yang dicapai di Kongres AS pada Minggu akhirnya membatalkan pendanaan baru bagi Ukraina demi menghindari government shutdown.

Paket anggaran terbaru AS disetujui dengan perolehan suara 335-91 yang didukung oleh sebagian besar anggota Partai Republik dan hampir semua anggota Partai Demokrat.

Keputusan ini akan mendanai pemerintah selama 45 hari, tepatnya hingga 17 November mendekati pendekatan bipartisan di Senat.

Bom bunuh diri di Ankara

Ledakan bom bunuh diri terjadi di dekat parlemen Turkiye di ibu kota Ankara, Minggu (1/10/2023), menyebabkan dua polisi luka ringan.

Kementerian Dalam Negeri Turkiye mengatakan, dua pelaku tiba dengan kendaraan komersial sekitar pukul 9.30 waktu setempat.

Serangan bom ini terjadi di depan gerbang masuk Direktorat Jenderal Keamanan Kementerian Dalam Negeri.

“Salah satu teroris meledakkan dirinya dan yang lainnya dilumpuhkan,” kata Kemendagri Turkiye di media sosial.

Distrik yang menjadi sasaran dihuni beberapa kantor kementerian lain dan parlemen Turkiye, yang dijadwalkan dibuka kembali pada Minggu dengan pidato Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Eni temukan cadangan gas besar di Kaltim

Perusahaan energi Italia, Eni, pada Senin (2/10/2023) mengumumkan, bahwa mereka telah menemukan cadangan gas dalam jumlah besar di Indonesia, tepatnya di lepas pantai Kalimantan Timur.

Perusahaan tersebut mengatakan, studi awal menunjukkan potensi gas di lokasi tersebut mencapai 140 miliar meter kubik (5 triliun kaki kubik).

Temuan ini terjadi di sumur eksplorasi Geng North-1 yang dibor hingga kedalaman 5.025 meter di kedalaman air 1.947 meter di North Ganal PSC, sekitar 85 kilometer dari lepas pantai.

Eni menyampaikan, telah menemukan kolom gas setebal 50 meter di reservoir batu pasir Miosen dengan sifat petrofisika yang sangat baik.

"Berkat lokasinya dan ukurannya yang signifikan, penemuan ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang besar terhadap penciptaan pusat produksi baru, di bagian utara Cekungan Kutai, yang akan dihubungkan ke fasilitas LNG Bontang di pantai Kalimantan Timur," tambah perusahaan itu.

Penembakan di Siam Paragon

Penembakan di Siam Paragon, Bangkok, Thailand, menewaskan tiga orang pada Selasa (3/10/2023).

Sementara itu, empat korban lainnya luka-luka dan penembaknya sudah ditangkap polisi.

Berbagai video di media sosial menunjukkan ratusan orang berlarian dari salah satu destinasi belanja utama di ibu kota Thailand tersebut, yang sangat populer di kalangan turis dan penduduk lokal.

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengatakan kepada wartawan, penembak sudah ditangkap dan situasi kini terkendali.

“Polisi sedang mengamankan lokasi kejadian. Situasinya sudah mereda,” kata Srettha kepada wartawan.

Direktur Pusat Darurat Erawan, Yuthana Srettanan, mengonfirmasi bahwa tiga orang tewas dan empat korban luka-luka dalam penembakan di Bangkok ini.

Ketua DPR AS Kevin McCarthy digulingkan

Delapan anggota Partai Republik dan 208 anggota Partai Demokrat memilih untuk mencopot Kevin McCarthy dari jabatan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) dalam pemungutan suara bersejarah pada Selasa (3/10/2023).

Penggulingan McCarthy merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah AS, di mana pemimpin mayoritas di DPR dicopot dari jabatannya.

"Saya akhirnya menjadi Ketua DPR ke-55... salah satu penghargaan terbesar. Saya menyukai setiap menitnya," kata McCarthy kepada wartawan setelah pemungutan suara, menjelaskan bahwa dia tidak berniat untuk mencalonkan diri lagi.

"Dan satu hal yang ingin saya sampaikan kepada Anda adalah melakukan hal yang benar tidak selalu mudah, tetapi hal ini perlu,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mendesak DPR untuk segera memilih penggantinya.

"Karena tantangan mendesak yang dihadapi bangsa kita tidak bisa menunggu lama, dia berharap DPR segera memilih ketuanya,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

Anggota DPR Patrick McHenry dari North Carolina ditunjuk sebagai ketua sementara setelah kursi McCarthy dikosongkan.

Drone tewaskan 100 orang di Suriah

Sedikitnya 100 orang dilaporkan tewas dalam sebuah serangan di sebuah akademi militer di Suriah pada Kamis (5/10/2023).

Drone dikabarkan mengebom tempat itu hanya berselang beberapa menit setelah Menteri Pertahanan Suriah Ali Mahmoud Abbas meninggalkan upacara wisuda di sana.

Ini adalah salah satu serangan paling berdarah yang pernah terjadi terhadap instalasi militer Suriah, dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam penggunaan drone bersenjata di negara yang telah mengalami perang saudara selama 12 tahun itu.

Malaysia desak RI tangani kabut asap

Pemerintah Malaysia meminta Pemerintah Indonesia dan sekelompok negara Asia Tenggara untuk mengambil tindakan karena kualitas udara di wilayah mereka memburuk akibat kebakaran di Indonesia.

Menteri Sumber Daya Alam Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Malaysia, Nik Nazmi Nik Ahmad, mengaku telah mengirimkan surat kepada mitranya dari Indonesia pekan ini mengenai persoalan kabut asap.

"Kami mengirimkan surat untuk menginformasikan kepada pemerintah Indonesia dan mendesak mereka untuk segera mengambil tindakan atas masalah ini," katanya dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada Kamis (5/10/2023).

Perang Israel-Hamas pecah

PM Israel Benjamin Netanyahu pada Sabtu (7/10/2023) menyatakan, Israel sedang berperang dengan kelompok militan Palestina Hamas.

Pernyataannya mengemuka setelah Hamas menembakkan rentetan roket dari Jalur Gaza ke Israel.

"Kita sedang berperang, bukan dalam sebuah operasi, bukan putaran, melainkan berperang. tetapi berperang," kata pemimpin Israel tersebut dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa Hamas telah melancarkan serangan mendadak yang mematikan terhadap Israel dan rakyatnya.

"Saya telah memerintahkan mobilisasi cadangan yang ekstensif dan kami akan membalas dengan kekuatan yang tidak diketahui oleh musuh. Musuh akan membayar harga yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya.

Hingga kini, serangan Israel sudah menewaskan 21.500 orang lebih.

RS Indonesia di Gaza diserang

Kantor berita Otoritas Nasional Palestina, WAFA, melaporkan RS Indonesia di Jalur Gaza turut terkena serangan Israel pada Sabtu (7/10/2023).

Seorang pekerja rumah sakit yang tepatnya berada di Beit Lahiya, sebelah utara Jalur Gaza tersebut kemudian dilaporkan tewas.

"Setidaknya satu rudal Israel menghantam Rumah Sakit Indonesia di Beit Lahiya, menewaskan seorang pekerja dan melukai beberapa orang lainnya, serta menyebabkan kerusakan pada peralatan rumah sakit yang vital," tulis WAFA.

Gempa dahsyat Afghanistan

Menurut Pemerintahan Taliban, lebih dari 2.000 orang tewas dan ribuan orang lainnya terluka setelah gempa bumi dahsyat menghantam Afghanistan pada hari Sabtu (7/10/2023).

Kementerian Bencana Afghanistan melaporkan, sebanyak 2.053 orang tewas dan 9.240 lainnya terluka akibat gempa kali ini. Sementara itu, lebih dari 1.300 rumah disebut telah hancur.

Lebih Jumlah korban tewas terbaru ini merupakan lonjakan yang signifikan dari kemarin ketika PBB memberikan angka awal 320 orang.

Berdasarkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan magnitudo 6,3 telah menghantam bagian barat Afghanistan.

Pusat gempa berada sekitar 25 mil di barat laut kota Herat. Gempa ini kemudian diikuti oleh tiga gempa susulan yang kuat, yakni berkekuatan magnitudo 6,3, 5,9, dan 5,5.

Opisisi menang pemilu Polandia

Pemimpin oposisi Polandia Donald Tusk pada Minggu (15/10/2023) menyatakan dimulainya era baru bagi negaranya, setelah partai-partai oposisi mengungguli petahana dalam pemilu Polandia.

Tiga partai oposisi kemungkinan besar memenangi 248 kursi di majelis rendah parlemen Polandia yaitu Sejm yang memiliki total 460 kursi.

Partai oposisi terbesar adalah Civic Coalition yang dipimpin Tusk dengan 31,6 persen suara menurut exit poll.

Donald Tusk (66) adalah mantan Perdana Menteri Polandia dan eks Presiden Dewan Eropa.

“Saya telah menjadi politisi selama bertahun-tahun. Saya sudah terlatih. Sepanjang hidup saya belum pernah begitu bahagia karena menempati posisi kedua."

"Polandia menang. Demokrasi menang. Kami menyingkirkan mereka dari kekuasaan,” kata Tusk kepada para pendukungnya yang bersorak-sorai.

Putin ke China

Kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Beijing minggu ini memberinya kesempatan langka untuk bertemu dengan para pemimpin dunia lainnya dan memperdalam hubungan “tanpa batas” Moskwa dengan China.

Di China, Putin akan menghadiri forum Inisiatif Sabuk dan Jalan di Beijing, yang dimulai pada Selasa (17/10/2023) dan berakhir pada Rabu (18/10/2023).

Dia akan menyampaikan pidato, bertemu dengan pemimpin China Xi Jinping dan mengadakan konferensi pers.

Perjalanan Putin ke Beijing adalah kunjungan kedua ke luar negeri sejak Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapannya pada Maret.

Awal bulan ini dia melakukan perjalanan ke Kirgistan.

ICC telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin, dan mewajibkan negara-negara anggotanya untuk menahan pemimpin Rusia tersebut jika dia menginjakkan kaki di wilayah mereka.

Penembakan massal di Maine

Ratusan polisi menyebar di seluruh negara bagian Maine untuk memburu seorang pria yang dicari sehubungan dengan penembakan massal di sebuah bar dan arena bowling di kota Lewiston.

Outlet berita lokal melaporkan jumlah korban tewas berkisar antara 16 hingga 22, dan puluhan lainnya terluka.

Para pejabat mengatakan ada banyak korban dalam penembakan pada Rabu (25/10/2023) tetapi menolak memberikan angka pastinya.

Polisi negara bagian dan lokal mengidentifikasi Robert R Card, 40, yang dilaporkan telah dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental selama musim panas, sebagai orang yang berkepentingan dalam kasus tersebut.

Penguasa Johor jadi Raja baru Malaysia

"Negeri Jiran" telah memilih penguasa negara bagian Johor yang kaya raya sebagai raja baru Malaysia di bawah sistem monarki bergilir yang unik.

Sultan Ibrahim Iskandar (64), akan naik takhta pada 31 Januari untuk masa jabatan lima tahun, kata istana dalam sebuah pernyataan pada Jumat (27/10/2023).

Pemilihannya sudah diperkirakan secara luas, karena penguasa negara bagian Johor yang berbatasan dengan Singapura berada di urutan berikutnya berdasarkan urutan rotasi yang ditetapkan di antara sembilan penguasa negara bagian tersebut.

Ia menggantikan Raja petahana Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang tengah, yang memimpin periode penuh gejolak yang mencakup lockdown akibat Covid-19 dan ketidakstabilan politik yang telah menyebabkan pergantian empat perdana menteri sejak pemilu Malaysia 2018.

Sembilan penguasa negara bagian bergiliran menjabat sebagai raja Malaysia selama lima tahun di bawah satu-satunya sistem seperti itu di dunia, yang telah dipertahankan sejak kemerdekaan negara tersebut dari Inggris pada 1957.

Dikenal sebagai Yang Di-Pertuan Agong, raja Malaysia memainkan peran seremonial, karena kekuasaan administratif berada di tangan perdana menteri dan parlemen.

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/29/224115770/kaleidoskop-internasional-oktober-2023-perang-israel-hamas-pecah-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke