Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berusia 111 Tahun, Orang Tertua di Australia Ini Masih Sering ke Gym

Keluarga dari Catherina van der Linden menerima e-mail pada ulang tahunnya yang ke-110 tahun lalu, yang isinya memberitahu jika ibu mereka adalah orang berusia paling tua yang masih hidup di Australia.

Catherina lahir di Belanda pada tahun 1912, dan diyakini sebagai orang Belanda tertua di dunia.

Ia mengatakan umurnya yang panjang adalah berkat gaya hidup aktif, karena masih sering pergi ke gym dan jalan kaki setiap pekannya.

"Saya kadang-kadang memaksakan diri ketika mulai sedikit lelah, saya rasa sudah waktunya untuk melakukan sesuatu untuk diri saya sendiri dan memastikan kalau kita masih punya energi seperti sebelumnya," ujarnya.

"Saya masih naik sepeda, kadang selama 10 menit, waktu yang lama untuk bersepeda."

Ia pernah bekerja sebagai pemetik anggur, asisten perawat, dan juru ketik.

Saat ini, ia mengatakan sangat menikmati berkumpul dengan keluarga dan teman-temannya, serta sesama penghuni rumah perawatan lanjut usia di West Beach Residential Care Southern Cross Care, tempatnya tinggal.

"Ibu punya seorang bibi yang juga hidup sampai usia 110 tahun, namun semua saudara laki-laki, saudara perempuan, bibi, pamannya, hanya hidup sampai usia 60-an dan awal 70-an," kata Mariella.

"Menurut saya, ada gen yang unik di keluarga ini."

"Dia masih berjalan-jalan secara teratur, membuka pintu dan berkeliling, membuat beberapa penghuni baru yang mulai melakukan rutinitas yang sama," ujarnya.

"Ia suka pergi ke gym, dua atau tiga kali seminggu."

"Saya merasa hebat sekali ia berusia 111 tahun, (tapi) masih banyak bergerak, waspada, juga tahu apa yang terjadi di sekitarnya."

Nasihat terbaiknya adalah "merasa puas dengan apa yang diberikan dalam hidup."

"Kadang-kadang tidak terlalu baik, kadang lebih baik, tapi kita harus menerima keburukan dengan kebaikan. Ini mungkin membuat hidup jadi lebih menyenangkan."

"Teruslah bergerak, jangan diam saja."

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi, baca laporannya dalam bahasa Inggris.

https://www.kompas.com/global/read/2023/08/26/225200070/berusia-111-tahun-orang-tertua-di-australia-ini-masih-sering-ke-gym

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke