Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari ke-416 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Hantam Apartemen di Sloviansk, Kondisi Perebutan Bakhmut

Hal ini jadi satu di antara banyak peristiwa penting dari konflik Rusia-Ukraina pada Sabtu (16/4/2023).

Berikut rangkuman gari ke-416 serangan Rusia ke Ukraina, dilansir dari Al Jazeera.

Situasi Perang

- Delapan orang, termasuk seorang balita, tewas setelah peluru Rusia menghantam sebuah blok apartemen di kota Sloviansk, Ukraina timur.
Lebih dari selusin warga terluka.

- Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia telah memulihkan kembali upayanya di Bakhmut berkat hubungan yang lebih baik antara tentaranya dan tentara bayaran Grup Wagner.

- Ukraina masih menguasai distrik barat kota itu tetapi telah menjadi sasaran tembakan artileri Rusia yang sangat intens, tambahnya.

- Pasukan khusus Rusia telah menderita kerugian yang signifikan dalam perang di Ukraina, bocoran dokumen militer AS menunjukkan.

-Ukraina akan menguji dan menggunakan senjata apa pun yang tidak dilarang untuk membebaskan wilayahnya, termasuk Krimea yang diduduki Rusia, kata kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasionalnya.

- Ukraina mengambil mayat 82 tentaranya dari wilayah yang dikuasai Rusia, kata seorang menteri pemerintah.

Diplomasi

- Dalam pembicaraan di Beijing, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva dan Presiden China Xi Jinping menyepakati perlunya negosiasi penyelesaian untuk mengakhiri perang di Ukraina.

- Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mendesak China untuk menekan Moskwa agar mengakhiri invasinya ke Ukraina, dengan mengatakan tidak ada negara lain yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap Rusia.

- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menulis surat kepada Rusia, Ukraina, dan Turkiye untuk menyuarakan keprihatinan tentang penerapan kesepakatan yang memungkinkan ekspor biji-bijian masa perang yang aman dari beberapa pelabuhan Laut Hitam Ukraina.

- Finlandia, yang bergabung dengan NATO pekan lalu, meluncurkan bagian pertama dari pagar yang dibangun di perbatasannya dengan Rusia.

- Pentagon mengumumkan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan bertemu rekan-rekannya dari Swedia dan Jerman minggu depan, dan menjadi tuan rumah pertemuan pertahanan terkait Ukraina dengan hampir 50 negara.

Senjata

- Delapan tank Leopard 2 yang dijanjikan Kanada untuk Ukraina tiba di negara tetangga Polandia, menurut Menteri Pertahanan Anita Anand.

- Kementerian pertahanan Denmark mengatakan Ukraina akan menerima 19 sistem artileri howitzer Caesar buatan Perancis dalam beberapa minggu mendatang.

- China telah menyetujui penyediaan tambahan peralatan militer ke Rusia dan menginginkannya dirahasiakan, menurut intelijen militer AS yang bocor berdasarkan pencegatan Rusia.

- Menteri Luar Negeri Qin Gang mengatakan China tidak akan menjual senjata ke Rusia atau Ukraina untuk digunakan dalam perang.

Seorang penasihat senior di kantor Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina mengatakan menemukan komponen buatan China dalam senjata Rusia yang digunakan di medan perang.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/16/061500170/rangkuman-hari-ke-416-serangan-rusia-ke-ukraina--rusia-hantam-apartemen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke