Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-817 Serangan Rusia ke Ukraina: 29 Drone Dijatuhkan | Penembakan Rusia Tewaskan 2 Orang

Kompas.com - 21/05/2024, 10:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina masih terus berlanjut. Bahkan sudah memasuki hari ke-817 pada Senin (20/5/2024).

Pada hari Senin, Ukraina berhasil menjatuhkan sebanyak 29 drone Rusia yang ditargetkan dari barat, tengah dan selatan.

Pada hari yang sama, Rusia melakukan serangan dengan penembakan yang menewaskan dua orang di Ukraina.

Baca juga: Kharkiv Jadi Kota Kedua Ukraina yang Sering Diserang Drone Rusia

Berikut ini rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-817 dikutip dari kantor berita AFP.

1. Ukraina jatuhkan 29 drone Rusia dalam semalam, targetkan barat, tengah, dan selatan

Ukraina pada Senin (20/5/2024) mengatakan, pasukannya menembak jatuh 29 drone Rusia dalam semalam yang menargetkan wilayah di barat, tengah dan selatan negara itu.

Gubernur Mykolaiv mengatakan, puing-puing dari salah satu drone merusak kediaman pribadi dan menyebabkan seorang wanita mengalami luka bakar.

Angkatan udara Ukraina melaporkan, sistem pertahanannya mencegat drone Shahed buatan Iran di Poltava (tengah), Odessa (selatan), dan wilayah Lviv (barat) yang berbatasan dengan Polandia.

Rusia juga menembakkan rudal balistik Iskander ke Kharkiv di Ukraina timur, lokasi pasukan Moskwa baru-baru ini melancarkan serangan darat dan merebut beberapa desa.

Sementara itu, serangan udara Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina memaksa penyedia layanan melakukan pemadaman bergilir untuk membatasi konsumsi.

Kementerian Energi Ukraina pada Senin memperingatkan, akan ada pemadaman baru dan Ukraina bakal kembali mengimpor listrik dari negara-negara tetangganya yaitu Romania, Slovakia, dan Polandia.

Baca juga: Ukraina Tuduh Rusia Menahan dan Bunuh Warga Sipil di Kharkiv

2. Penembakan Rusia di Ukraina, 2 orang tewas

Tembakan Rusia menewaskan dua orang di Ukraina selatan, setelah negara itu mencegat segerombolan drone rancangan Iran yang diluncurkan oleh Rusia semalam, kata otoritas regional pada Senin.

Warga sipil terbunuh di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia yang diklaim Kremlin telah dianeksasi pada akhir tahun 2022, meski tidak sepenuhnya mengendalikan mereka.

Gubernur Kherson Oleksandr Prokudin mengumumkan satu orang tewas akibat penembakan Rusia dan seorang pria berusia 72 tahun terluka.

Kherson direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada akhir 2022, beberapa bulan setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina, namun wilayah tersebut dan kota terbesarnya terus-menerus diserang oleh Rusia sejak saat itu.

Kepala wilayah Zaporizhzhia Ivan Fedorov mengatakan pasukan Rusia menembaki desa Stepnogirsk dan menewaskan satu orang.

Ukraina mengatakan pihaknya telah menembak jatuh lebih dari 20 drone Rusia dalam semalam yang menargetkan wilayah barat, tengah, dan selatan negara itu.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-814 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Serang Kharkiv | Drone Ukraina Tewaskan 2 Orang

Gubernur wilayah selatan Mykolaiv mengatakan puing-puing dari salah satu drone merusak kediaman pribadi dan menyebabkan seorang wanita mengalami luka bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com