Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xi Jinping Akan Kunjungi Rusia Pekan Depan, Ini Agendanya

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskwa, Rusia pekan depan.

Dia diagendakan akan melakukan pembicaraan dengan sekutu strategisnya, Presiden Vladimir Putin di tengah situasi perang Rusia-Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Beijing maupun Kremlin pada Jumat (17/3/2023) sama-sama telah mengonfirmasi, bahwa Xi Jinping dijadwalkan akan berada di Rusia dari Senin (20/3/2023) hingga Rabu (22/3/2023).

Kementerian Luar Negeri China menyebut agenda Xi Jinping kunjungi China sebagai kunjungan untuk perdamaian.

"Yang bertujuan untuk mempraktikkan multilateralisme sejati, meningkatkan tata kelola global, serta memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan dunia," ungkap Juru Bicara Kemenlu China, Wang Wenbin, dikutip dari AFP.

Dalam konferensi pers reguler, dia mengatakan, kedua pemimpin negara akan bertukar pandangan tentang hubungan bilateral dan isu-isu utama internasional dan regional.

“Saat ini, perubahan yang tidak terlihat dalam satu abad berkembang pesat, dan dunia telah memasuki periode kekacauan baru. China akan menjunjung tinggi posisinya yang obyektif dan adil dalam krisis Ukraina dan memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan pembicaraan damai," jelas Wang Wenbin.

Sementara itu, Kremlin mengatakan, kedua presiden akan berbicara tentang kerja sama strategis dan membahas upaya memperdalam kemitraan yang komprehensif antara Rusia dan China.

Kunjungan Xi datang lebih dari setahun setelah invasi Rusia ke Ukraina, perang yang telah mengucilkan Moskwa di panggung internasional.

China, sekutu utama Rusia, telah berusaha memposisikan dirinya sebagai pihak netral dalam konflik tersebut, mendesak Moskwa dan Kyiv untuk menyelesaikannya melalui negosiasi.

Dalam makalah posisi 12 poin tentang perang yang dirilis bulan lalu, China menyerukan dialog dan menghormati kedaulatan teritorial semua negara.

Tetapi para pemimpin Barat telah berulang kali mengkritik Beijing karena gagal mengutuk invasi, menuduhnya memberi Moskwa perlindungan diplomatik untuk perangnya.

Amerika Serikat menuduh China mempertimbangkan pengiriman senjata untuk mendukung perang Rusia. Klaim ini telah dibantah keras oleh Beijing.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/17/204200970/xi-jinping-akan-kunjungi-rusia-pekan-depan-ini-agendanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke