Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penelitian Terbaru: Leonardo da Vinci Anak Budak di Italia

Pelukis Mona Lisa dan simbol masa Renaisans itu dikatakan hanya setengah Italia, karena ibunya adalah budak dari Kaukasus.

Vecce, yang mengungkapkan hasil penelitiannya pada Selasa (14/3/2023), juga menyatakan bahwa ibu Leonardo da Vinci lama dianggap sebagai petani Tuscan, tetapi asal-usul sebenarnya lebih rumit.

"Ibu Leonardo adalah budak Sirkasia... dibawa dari rumahnya di Pegunungan Kaukasus, dijual dan dijual kembali beberapa kali di Konstantinopel, lalu Venesia, sebelum tiba di Florence," katanya kepada AFP saat peluncuran buku baru.

Di sebuah kota Italia, dia bertemu notaris muda bernama Piero (Peter) da Vinci lalu lahirlah putra mereka bernama Leonardo.

Temuan Vecce yang menghabiskan puluhan tahun mempelajari Leonardo da Vinci dan mengkurasi karya-karyanya, didasarkan pada arsip Kota Florence.

Mereka membentuk dasar cerita baru--The Smile of Caterina, ibu dari Leonardo--sekaligus memberi pencerahan baru tentang sang seniman itu sendiri.

Setiap penemuan baru tentang Leonardo da Vinci diperdebatkan dengan sengit oleh para ahli yang mempelajarinya, tetapi Vecce bersikeras buktinya ada.

  • Ingin Ungkap Kecerdasan Leonardo da Vinci, Peneliti Temukan 14 Keturunannya
  • Tokoh Renaissance, dari Copernicus sampai Da Vinci
  • Leonardo Da Vinci, Seniman Besar dari Era Renaissance

Salah satu dokumen yang dia temukan ditulis oleh ayah Leonardo da Vinci sendiri, yaitu berkas hukum emansipasi Caterina untuk memulihkan kebebasan dan martabat kemanusiaan perempuan itu.

Dokumen dari tahun 1452 ini dipresentasikan pada Selasa (14/3/2023) dalam konferensi pers di kantor pusat penerbit Giunti di Florence.

Dokumen ditulis oleh "pria yang mencintai Caterina ketika masih menjadi budak, yang memberinya anak bernama Leonardo dan orang yang membantu membebaskan (Caterina)," beber Vecce.

Temuan profesor Vecce membuka wawasan baru tentang asal-usul Leonardo da Vinci, yang sempat diyakini sebagai anak dari perselingkuhan antara Peter da Vinci dan wanita lain, petani muda Tuscan bernama Caterina di Meo Lippi.

Leonardo da Vinci lahir pada 1452 di pedesaan luar Florence. Ia menghabiskan hidupnya berkeliling Italia sebelum meninggal di Amboise, Perancis, pada tahun 1519 di istana Raja Francis 1.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/15/133200270/penelitian-terbaru--leonardo-da-vinci-anak-budak-di-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke