Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KTT Y20 Ditutup dengan Pesan Lantang dari Pemuda dan Pemudi Negara G20

"Kalian (para pemimpin dunia) mengatakan, kamilah masa depan dunia. Kami meminta hak kami untuk menentukan masa depan seperti apa yang akan kami warisi," ucap Sara sebagai Co-Chair Y20 Indonesia 2022 di hadapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

"Kami pemuda ada untuk berkontribusi," lanjutnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com. "Kami hanya butuh kesempatan. Berikan kami kursi di meja pengambilan keputusan, dan kami tidak akan mengecewakan. Bahkan di KTT G20 sekalipun."

Di dalam komunike yang merupakan dokumen resmi hasil perundingan perwakilan resmi anak muda negara-negara G20, dimuat segala aspirasi pemuda-pemudi tentang empat isu prioritas yaitu:

  • Ketenagakerjaan pemuda
  • Transformasi digital
  • Planet yang berkelanjutan dan layak huni
  • Keberagaman dan inklusifitas--ditambah dengan isu cross-cutting tentang Kesehatan Global.

Negosiasi final dan penandatanganan draf akhir komunike dilakukan pada Jumat (22/7/2022) pagi di Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA).

  • KTT Menkeu G20 di Bali, Ini Penyebab Tak Ada Pernyataan Bersama Para Anggota
  • Tantangan Indonesia Menjalankan Presidensi G20

Para pemimpin yang hadir meramaikan acara KTT Y20 minggu ini adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga empat menteri yang memberikan sambutan yaitu Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Menko PMK, dan Menpora.

Mereka mendukung agenda KTT Y20 dan akan memperjuangkannya kepada Presiden Joko Widodo untuk diikutsertakan di dalam Leader's Declaration pada November 2022.

"Gen Z dan Gen Milenial adalah mayoritas penduduk Indonesia saat ini," lanjut Sara.

"Sudah saatnya pemimpin-pemimpin kita melihat kita bukan hanya sebagai obyek ambisi politik tetapi sebagai tuan atas takdir kita sendiri. Mereka hanya perlu membaca isi komunikenya untuk melihat anak muda sangat layak didengar."

Tentang Y20

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 yang dikenal dengan Youth 20 (Y20) pada 2022.

Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam acara ini, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keragaman dan inklusi.

Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi nirlaba kepemudaan, menjadi tuan rumah resmi untuk menyambut delegasi muda Y20 dari berbagai negara. Y20 disponsori oleh Pluang dan didukung oleh Kementerian BUMN RI.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/24/112600870/ktt-y20-ditutup-dengan-pesan-lantang-dari-pemuda-dan-pemudi-negara-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke