Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebaran dan Shalat Idul Fitri 1443 H Digelar Sederhana di KBRI Roma

Dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan shalat Idul Fitri diikuti dengan silaturahmi dan halalbihalal yang dihadiri oleh keluarga besar KBRI Roma serta perwakilan masyarakat Indonesia dalam jumlah terbatas.

Shalat Id di KBRI Roma dipimpin oleh Imam Kolonel Aminuddin Albek Atase Pertahanan KBRI Roma dilanjutkan dengan khutbah Idul Fitri oleh khatib Danang Waskito Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Roma.

Dalam khutbahnya, khatib mengundang seluruh umat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas usainya momentum ibadah puasa Ramadhan yang telah mengizinkan umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui doa, zakat, dan amalan baik.

Khatib Danang Waskito juga menekankan pentingnya mengambil hikmah atau ibroh pada kondisi pandemi Covid-19 dalam kaitannya dengan makna bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, antara lain yaitu pandemi mengingatkan umat untuk selalu memperkuat ketakwaan, kesabaran, ketawakalan, dan rasa penuh syukur.

Pandemi juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kepedulian sosial yang tinggi dan saling tolong-menolong dengan sesama. Seluruh nilai persaudaraan ini selaras dengan makna ibadah Ramadan dan penguatan hubungan dengan sesama anggota masyarakat.

Seusai shalat Id, keluarga besar KBRI Roma dan wakil masyarakat melakukan silaturahmi terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan. Perayaan Idul Fitri yang sederhana di KBRI Roma telah menjaga semangat silaturahmi tanpa mengurangi hikmat kegiatan beribadah di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/03/230000070/lebaran-dan-shalat-idul-fitri-1443-h-digelar-sederhana-di-kbri-roma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke