Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siasat Radio Ukrania saat Invasi Rusia, dari Radio Hiburan jadi Siaran Perang

Dilansir AFP, hal pertama yang dilakukan staf adalah mengurangi program hiburan dan meningkatkan liputan perang untuk puluhan ribu pendengar mereka.

"Kami adalah stasiun radio hiburan dan musik, tetapi kami melakukan banyak berita karena warga membutuhkan banyak informasi saat ini," kata Volodymyr Melnyk, pembawa acara berusia 28 tahun di Lvivska Khvylya ("Gelombang Lviv").

Dia siaran di studio stasiun baru di Lviv, sebuah kota 80 kilometer (50 mil) dari perbatasan Polandia.

Di antara hits pop Ukraina, Melnyk dan rekannya Andryi Antoniuk, 41 tahun, mencairkan suasana dengan menyindir konflik tersebut.

"Di masa perang, kita harus bersikap positif. Kita bisa mengolok-olok Putin dan pasukan Rusia yang tidak bisa merebut kota kita, tapi kita tidak bisa bersenang-senang seperti sebelum perang," kata Melnyk yang telah bekerja untuk stasiun selama delapan tahun.

Bertahun-tahun sebelum Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, stasiun itu sudah pernah sekali berfokus ke perang.

Staf sempat mengubah program mereka pada tahun 2014, ketika Moskow mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina dan mendukung separatis di timur negara itu.

"Perang mempengaruhi pekerjaan kami, karena ada faktor psikologis yang pada awalnya menghalangi kami untuk bekerja," kata Marta Oliyarnyk, jurnalis berusia 27 tahun.

"Semua peristiwa ini tidak bisa membuat kita acuh tak acuh," katanya di balik kacamata hitam besar.

Dalam perang 24 hari, stasiun yang telah mengudara selama sekitar 30 tahun itu telah menjadi penghubung yang bahkan lebih penting antara pendengarnya dan pihak berwenang dibanding apapun.

Sebelum perang itu membual antara 300.000 dan 400.000 pendengar per hari. Angka itu kini berlipat ganda.

Para pendengar itu disuguhi berita tentang penutupan sekolah dan juga situasi kemanusiaan di kota.

Mereka juga mendapatkan pembaruan tentang pertempuran sengit di selatan dan timur negara itu.

Oliyarnyk mengatakan bahwa dia bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara berita lokal dan nasional pada siaran berita 5 sore untuk pendengar Lviv, sebuah tugas yang dia umpamakan sebagai "misi layanan publik".

Stasiun ini menjalankan programnya sendiri hingga pukul 19.00, dan pada saat itu ia menyerahkan liputan konflik yang disponsori negara.

Untuk meningkatkan moral, berita tentang korban sipil dan militer tidak menjadi fokus siaran.

https://www.kompas.com/global/read/2022/03/22/170000970/siasat-radio-ukrania-saat-invasi-rusia-dari-radio-hiburan-jadi-siaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke