Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tahun Pacaran Online dengan "Supermodel" Habis Rp 11 Miliar, Atlet Italia Ternyata Ditipu

ROMA, KOMPAS.com - Atlet Italia terkenal Roberto Cazzaniga, ditipu selama 15 tahun oleh pacar onlinenya yang mengaku supermodel, hingga kehilangan lebih dari 800.000 dollar AS (Rp 11,5 Miliar).

Penipu itu menyamar sebagai pacar onlinenya, dengan menggunakan foto supermodel Brasil terkenal Alessandra Ambrosio.

Pria yang juga Kapten klub bola voli Gioia Del Colle di Italia itu mengaku diperkenalkan ke pacar online-nya oleh seorang teman bersama, bernama Manuela.

Belakangan diketahui ternyata temannya itu adalah orang yang mendalangi penipuan yang sulit dipercaya ini.

Si penipu menggunakan nama fiksi 'Maya'. Lalu dia mulai mengirim foto supermodel Brasil dan Victoria's Secret Angel, Alessandra Ambrosio kepada Cazzaniga.

Atlet Italia itu langsung jatuh cinta padanya. Dia selanjutnya terlibat dalam hubungan online yang sangat mahal selama 15 tahun dengan si penipu.

Tidak jelas bagaimana hidup Cazzaniga di selama 15 tahun terakhir, mengingat Alessandra Ambrosio adalah salah satu yang paling terkenal di industri mode. Tetapi pemain bola voli terkenal Italia itu yakin bahwa foto itu milik pacarnya, Maya.

Keduanya tidak pernah bertemu secara langsung selama hubungan jangka panjang itu. Mereka hanya berbicara di telepon dan melalui media sosial.

Cazzaniga pun tampak nyaman mengirim sejumlah besar uang kepada pacar onlinenya itu.

Berbicara kepada penyelidik, Roberto Cazzaniga mengatakan di awal hubungan mereka, Maya mengaku menderita penyakit serius yang memerlukan kunjungan yang sering dan mahal ke rumah sakit.

Berlaku sebagai pacar yang bijaksana, atlet italia itu pun dengan senang hati membayar tagihan. Cazzaniga bahkan mengirim hadiah mewah, seperti mobil Alfa Romeo Mito.

Ironisnya, untuk memenuhi kebutuhan pacar onlinenya ini pria itu akhirnya sampai berutang.

"Saya memiliki begitu banyak utang, tidak mudah 'bangun dari koma' (karena penipuan)," kata Cazzaniga sambil menangis di program televisi Italia 'Le Iene'.

Pada satu titik, atlet berusia 42 tahun itu terpesona dengan pacar online-nya, dan mengaku percaya semua yang dikatakan wanita itu.

Dia bahkan setuju untuk tidak melihatnya selama bertahun-tahun, sambil mengirim ribuan euro kepada si penipu.

Danillo, saudara sang atlet pemain bola voli Italia, menceritakan bahwa suatu hari menemukan Cazzaniga menangis dalam kamar yang gelap. Karena heran, saudaranya akhirnya bertanya masalah apa yang dia hadapi.

"Dia memberitahu saya bahwa dia telah jatuh cinta tetapi wanita ini dalam perawatan intensif untuk operasi jantung dan dia tidak bisa pergi ke rumah sakit karena pacarnya akan marah,” kenangnya.

Cazzaniga baru mulai curiga mungkin diringa telah menjadi korban penipuan, ketika memberitahu rekan satu timnya, bahwa dia bertunangan dengan supermodel Brasil. Tapi dia mengaku belum pernah menemuinya secara langsung sebelumnya.

Odditycentral melaporkan, bahwa teman-temannya lah yang akhirnya menghubungi polisi untuk meminta penyelidikan. Sebab atlet Italia itu enggan melakukannya sendiri.

Polisi dengan cepat melacak tujuan uang yang terus dikirim Cazzaniga selama bertahun-tahun. Diketahui ternyata, itu adalah alamat seorang wanita berusia 50 tahun di Sardinia.

Disebut sebagai 'Valeria' oleh media Italia, wanita itu mengaku sebagai teman Manuela dan Maya. Investigasi oleh wartawan Italia pun menemukan bahwa Manuela dan pacarnya adalah dalang di balik penipuan ini selama 15 tahun lamanya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/13/210137070/15-tahun-pacaran-online-dengan-supermodel-habis-rp-11-miliar-atlet-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke