Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seminggu Ditutup karena Polusi, Sekolah di New Delhi India Akan Buka Lagi 29 November

Menteri Lingkungan negara bagian Delhi, Gopal Rai, pada Rabu (24/11/2021) mengatakan kepada wartawan, tingkat polusi di kota itu membaik dalam tiga hari terakhir dan beberapa pembatasan akan dilonggarkan.

Otoritas setempat sebelumnya mengumumkan penutupan beberapa pabrik batu bara, larangan masuknya kendaraan yang tidak esensial, pembatasan pekerjaan konstruksi, dan mendesak warga untuk tetap di rumah karena beberapa polutan udara mencapai lebih dari 30 kali maksimum dari batas yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Tingkat PM 2.5, partikel paling berbahaya yang mengakibatkan penyakit paru-paru dan jantung kronis, masih sekitar 120 mikrogram per meter kubik pada Rabu menurut perusahaan pemantau IQAir. Angka itu masih delapan kali batas WHO.

New Delhi, salah satu kota paling tercemar di dunia dan berpenduduk 20 juta orang, diselimuti kabut asap tebal setiap musim dingin setelah para petani di negara bagian utara yang berdekatan membakar sisa tanaman.

“Sekolah, perguruan tinggi, dan institusi dapat dibuka kembali pada Senin. Kantor-kantor pemerintah tempat kami memberlakukan kerja dari rumah juga akan dibuka kembali dan kami akan menyarankan pejabat untuk menggunakan transportasi umum,” kata Rai.

Kantor berita AFP mewartakan, pembatasan kegiatan konstruksi di New Delhi juga sudah dilonggarkan.

Kendaraan bertenaga listrik dan gas alam terkompresi yang lebih bersih juga akan diizinkan masuk kembali ke New Delhi.

Komisi Manajemen Kualitas Udara untuk Delhi pekan lalu memerintahkan "alat anti-kabut asap" dan alat penyiram air beroperasi di titik-titik polusi setidaknya tiga kali sehari.

Namun para kritikus mengatakan, kebijakan itu tidak mengatasi akar penyebab polusi industri, polusi kendaraan, dan pembakaran tanaman yang bercampur menjadi kabut asap musim dingin yang beracun.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan tahun lalu, IQAir yang berbasis di Swiss menemukan bahwa 22 dari 30 kota paling tercemar di dunia berada di India.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/27/154609670/seminggu-ditutup-karena-polusi-sekolah-di-new-delhi-india-akan-buka-lagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke