Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

McDonald's Brasil Picu Kontroversi karena Bikin Toilet Unisex

Skandal itu mencuat setelah ada video viral dari dalam toilet unisex restoran McDonald's di Bauru, di negara bagian Sao Paulo.

Dalam video itu, seorang wanita yang tampaknya adalah perekam terdengar mengeluh, "Ini tidak masuk akal! Anak-anak memakai kamar mandi ini. Ini komunisme di kota kami, Bauru, ini memalukan!" dikutip dari AFP.

Video itu menyebabkan kehebohan sampai pejabat kesehatan mengunjungi restoran dan mendapati peraturan kotamadya tidak ditegakkan, kata Wali Kota Bauru, Suellen Roim, di Twitter.

McDonald's Brasil diberi waktu dua minggu untuk mematuhi peraturan. Jika tidak, restoran akan didenda atau ditutup.

Menurut penjelasan McDonald's Brasil, mereka mencoba menciptakan area inklusi dan rasa hormat, sehingga semua orang bebas menggunakan toilet.

Perusahaan rantai makanan cepat saji itu mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memenuhi standar tertentu.

Masalah ini memicu kecaman kaum konservatif Brasil, karena isu gender menjadi topik hangat sejak Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro - yang sering dituduh seksisme dan homofobia - mengambil alih kekuasaan tiga tahun lalu.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/15/142643170/mcdonalds-brasil-picu-kontroversi-karena-bikin-toilet-unisex

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke