Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PM Australia Bantah Berbohong ke Presiden Perancis soal Kapal Selam Nuklir

Kepada pewawancara di radio 3AW Melbourne, Morrison berkata, "Saya yakin tidak (bohong), tidak, tidak."

Macron bulan ini menuduh Morrison berbohong kepadanya mengenai kontrak kapal selam bernilai miliaran dollar dengan Australia, yang dibatalkan tanpa peringatan pada September.

Macron mengeklaim, pada saat-saat akhir Australia diam-diam merundingkan kesepakatan untuk membeli kapal selam bertenaga nuklir dengan Amerika Serikat dan Inggris.

"Saya rasa tidak. Saya tahu," kata Macron dikutip dari AFP, ketika ditanya wartawan Australia apakah Scott Morrison tidak jujur dalam urusan pribadi mereka.

Mantan perdana menteri Australia Malcolm Turnbull, saingan sengit dari dalam Partai Liberal konservatif yang sama, menambah kontroversi dengan mengatakan Morrison memiliki reputasi berbohong.

Kejujuran Morrison menjadi titik perdebatan utama dalam politik Australia, dan titik kelemahan potensial saat ia mengincar masa jabatan kedua dalam pemilu kira-kira Mei 2022.

Namun, Morrison menepis masalah itu. "Saya sudah belajar dalam kehidupan publik dalam jangka waktu yang lama agar bisa dipercaya."

Morrison mengatakan, tuduhan semacam itu tidak mengalihkan perhatiannya dan dia yakin mengambil keputusan tepat dalam membatalkan kesepakatan kapal selam untuk melindungi pertahanan nasional Australia.

"Saya tidak terintimidasi oleh fakta bahwa itu mungkin membuat marah beberapa orang dan membuat bingung," katanya.

PM Australia Scott Morrison juga menekankan, teknologi kapal selam nuklir AS belum dibagikan dengan negara lain sejak 1958.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/12/142327470/pm-australia-bantah-berbohong-ke-presiden-perancis-soal-kapal-selam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke