Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Kabosu, Anjing Shiba Inu yang Fotonya Jadi Meme "Doge"

Kompas.com - 25/05/2024, 16:10 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SAKURA, KOMPAS.com - Kabosu, anjing shiba inu di Jepang yang fotonya menjadi meme viral dan ikon mata uang kripto Dogecoin, meninggal pada Jumat (24/5/2024).

Anjing penyelamat milik Atsuko Sato (64) ini meninggal dalam tidur saat dibelai pemiliknya.

Tidak diketahui kapan tepatnya Kabosu lahir, tetapi Sato memperkirakan umurnya 18 tahun, melampaui usia rata-rata shiba inu yaitu 12-15 tahun.

Baca juga: Anjing Shiba Inu Jepang Maskot Kripto Dogecoin Meninggal

"Menurutku Kabo-chan adalah anjing paling bahagia di dunia. Dan aku pemilik yang paling bahagia," tulis Sato di blog-nya, dikutip dari kantor berita AFP.

Awal mula foto Kabosu jadi meme

Pada 2010, dua tahun setelah mengadopsi Kabosu dari tempat pembiakan anak anjing, Sato memotret hewan peliharaannya itu sedang menyilangkan kaki di sofa.

Dia mengunggahnya di blog, kemudian menyebar ke forum online Reddit dan menjadi meme dari tahun ke tahun.

Meme yang dikenal sebagai Doge tersebut biasanya menggunakan bahasa Inggris tak baku untuk mengungkapkan pikiran seseorang.

Doge lalu menjadi karya seni digital NFT yang terjual 4 juta dollar AS (Rp 64,12 miliar) dan menginspirasi terciptanya Dogecoin, mata uang kripto paling berharga kedelapan dengan kapitalisasi pasar 23 miliar dollar AS (Rp 368,73 triliun).

Kabosu sakit leukemia dan penyakit hati pada akhir 2022. Sato dalam wawancara baru-baru ini dengan AFP di rumahnya di Sakura, sebelah timur Tokyo, berujar bahwa "kekuatan tak terlihat" dari doa para penggemar di seluruh dunia membantunya bertahan.

Baca juga:

Sato mengaku sudah terbiasa dengan peristiwa "luar biasa", sehingga ketika bos Tesla yaitu Elon Musk mengubah ikon Twitter menjadi wajah Kabosu tahun lalu, dia tidak terlalu terkejut.

Patung Kabosu dan sofanya senilai 100.000 dollar AS (Rp 1,6 miliar) yang didanai Own The Doge, organisasi kripto yang didedikasikan untuk meme tersebut, diresmikan di salah satu taman Kota Sakura pada November 2023.

Sato dan Own The Doge juga menyumbangkan sejumlah besar uang ke badan amal internasional, termasuk lebih dari 1 juta dollar AS (Rp 16 miliar) untuk Save the Children. LSM tersebut mengatakan, ini donasi kripto terbesar yang pernah diterimanya.

Baca juga: Kisah Anjing Terapi Bandara Istanbul, Ditugaskan Redakan Stres Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com