Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan AS dan China Bakal Bertemu Imbas Ketegangan Taiwan

Kompas.com - 25/05/2024, 13:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para pejabat pertahanan di seluruh dunia bakal bertemu pada Dialog Shangri-La pada 31 Mei - 2 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan bertemu dengan rekannya dari China.

Pertemuan itu menyusul adanya ketegangan antara China dan Taiwan. Di mana China melakukan latihan perang di sekitar Taiwan sebagai bentuk protes pada pemimpin baru Taiwan.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika China Serang Taiwan?

Dikutip dari AFP pada Sabtu (25/5/2024), Pentagon mengatakan bahwa Austin akan bertemu Menhan China Laksamana Dong Jun.

Sebelumnya, China pekan ini mengepung Taiwan dengan kapal perang dan jet tempur sebagai uji kemampuan China untuk merebut pulau tersebut.

Latihan tersebut dilakukan setelah pelantikan Presiden Lai Ching-te, yang telah berjanji untuk menjaga demokrasi Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Pertemuan Austin dengan Dong sudah diperkirakan sejak mereka berbicara melalui telepon pada April, yang merupakan pembicaraan substantif pertama antara menteri pertahanan kedua negara dalam hampir 18 bulan.

Pemerintahan Presiden Joe Biden dan China telah meningkatkan komunikasi untuk meredakan perselisihan, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengunjungi Beijing dan Shanghai bulan lalu.

Baca juga: China Mulai Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Uji Kemampuan Rebut Kekuasaan

Namun perundingan pertahanan masih tertinggal sampai Presiden China Xi Jinping menyetujui dimulainya kembali dialog militer selama pertemuan puncak dengan Biden di California pada November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com