Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banjir Bandang Terjang India Selatan, 20 Orang Dipastikan Tewas

KOTTAYAM, KOMPAS.com – Banjir bandang menerjang daerah selatan India setelah hujan lebat menyebabkan sungai-sungai meluap.

Lebih dari 20 orang dipastikan tewas akibat bencana tersebut. Beberapa rumah hanyut dan orang-orang terjebak di Distrik Kottayam, Negara Bagian Kerala.

Hujan deras selama berhari-hari di Kerala juga menyebabkan tanah longsor yang mematikan. Militer India dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan sebagaimana dilansir BBC.

Helikopter juga digunakan untuk menerbangkan pasokan dan personel ke berbagai wilayah di mana orang-orang terperangkap, Minggu (17/10/2021).

Dalam satu insiden tragis, keluarga beranggotakan enam orang (termasuk seorang nenek berusia 75 tahun dan tiga anak) dipastikan tewas setelah rumah mereka di Kottayam tersapu banjir.

Puluhan orang dilaporkan masih hilang dan ada kekhawatiran bahwa jumlah korban tewas bisa meningkat lebih lanjut.

Penduduk setempat ikut bergabung dengan tim penyelamat pada Minggu untuk membantu menghilangkan lumpur, batu, dan pohon tumbang dari daerah yang terkena dampak.

Di sisi lain, upaya pencarian korban terus berlanjut.

Pusat-pusat pengungsian telah didirikan di berbagai daerah di seluruh Negara Bagian Kerala.

Hujan deras kerap menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kerala.

Pasalnya, lahan basah dan danau yang dulunya berfungsi sebagai pelindung alami dari banjir telah hilang karena meningkatnya urbanisasi dan pembangunan di sana.

Pada 2018, sekitar 400 orang tewas dan lebih dari satu juta orang mengungsi akibat banjir terparah di Kerala dalam satu abad.

Penilaian yang dilakukan oleh pemerintah federal India pada 2018 menemukan bahwa Kerala, dengan 44 sungai yang mengalir melaluinya, termasuk di antara 10 negara bagian yang paling rentan terhadap banjir.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/18/062923570/banjir-bandang-terjang-india-selatan-20-orang-dipastikan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke