Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raja Salman Berpidato dalam Sidang Umum PBB, Dukung Denuklirisasi Iran

NEW YORK, KOMPAS.com – Penguasa Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz berpidato melalui video yang ditayangkan dalam Sidang Umum PBB di New York, AS, pada Rabu (22/9/2021).

Dalam pidatonya tersebut, Raja Salman menyatakan kerajaannya mendukung upaya untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir.

“Kerajaan menekankan pentingnya menjaga Timur Tengah bebas dari senjata pemusnah massal. Atas dasar ini kami mendukung upaya internasional yang bertujuan mencegah Iran memiliki senjata nuklir,” ujar Raja Salman.

Pidato tersebut disampaikannya ketika para pemimpin dunia bersiap untuk melanjutkan pembicaraan dengan Iran untuk mengembalikan kesepakatan nuklir 2015.

Iran dan Arab Saudi telah menjadi saingan selama bertahun-tahun sebagaimana dilansir Reuters.

Kedua negara memutuskan hubungan diplomatik pada 2016. Tetapi tahun ini, keduanya telah mengadakan pembicaraan yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan.

“Iran adalah negara tetangga, dan kami berharap pembicaraan awal kami dengannya akan menghasilkan hasil nyata untuk membangun kepercayaan berdasarkan penghormatan kedaulatan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri,” kata Raja Salman.

Sebelumnya, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyerukan agar dilanjutkannya pembicaraan nuklir antara Teheran dengan kekuatan dunia yang akan mengarah pada penghapusan sanksi AS.

Menurut kantor berita semi-resmi Iran, Mehr News, pada Selasa, Menteri Luar Negeri Arab Saudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran dalam Sidang Umum PBB.

Selain membahas nuklir Iran, Raja Salman juga menyinggung pemberontak Houthi di Yaman dalam pidatonya pada Sidang Umum PBB.

Dia menuturkan, Houthi menolak inisiatif damai untuk mengakhiri perang. Raja Salman juga menyatakan Arab Saudi akan mempertahankan diri terhadap rudal balistik dan drone bersenjata.

Penguasa berusia 85 tahun itu mengatakan, Arab Saudi telah mengambil langkah besar selama lima tahun terakhir.

Pasalnya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) meluncurkan rencana ambisius untuk mendiversifikasi ekonomi kerajaan dari ketergantungan pada minyak dan sejumlah perubahan lainnya.

Raja Salman juga menyatakan bahwa Arab Saudi akan terus memerangi ekstremisme.

“Kerajaan terus memerangi pemikiran ekstremis, yang dibangun di atas kebencian, dan mengawasi organisasi teroris dan milisi sektarian yang menghancurkan umat manusia dan bangsa,” pungkas Raja Salman.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/23/063035870/raja-salman-berpidato-dalam-sidang-umum-pbb-dukung-denuklirisasi-iran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke