Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sukses Tangani Pandemi, Taiwan Minta Dukungan Indonesia agar Masuk WHO

Oleh karena itu, Taiwan merasa harus diikutsertakan dalam berbagai pertemuan, mekanisme dan kegiatan WHO (World Health Organization).

Menteri Chen lalu meminta Indonesia dan pihak terkait lainnya untuk mendukung penuh partisipasi Taiwan di WHO.

Dalam siaran pers dari Taipei Economid and Trade Office (TETO) yang diterima Kompas.com pada Senin (3/5/2021), Menteri Chen menyatakan bahwa Taiwan pernah diprediksi menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak pandemi, karena kedekatan geografisnya dengan China.

Namun karena Taiwan memiliki pengalaman dalam memerangi SARS pada 2003, mereka tidak mengabaikan berbagai peringatan yang diterima sejak awal.

Sampai 22 April 2021 Taiwan hanya memiliki 1.086 kasus yang dikonfirmasi (termasuk 11 kematian), dan kebanyakan masyarakat Taiwan dapat mempertahankan kehidupan serta pekerjaan secara normal.

Taiwan juga mencetak rekor tidak ada kasus lokal selama 253 hari berturut-turut dari April hingga Desember 2020, yang membuat dunia terkesan.

Menteri Chen menyebutkan, Taiwan membentuk jaringan pencegahan dan pengobatan penyakit menular nasional setelah epidemi SARS pada 2003.


Mereka memilih lebih dari 100 rumah sakit terisolasi di seluruh negeri untuk dimasukkan dalam jaringan medis, serta memilih rumah sakit tanggap darurat utama di masing-masing 22 kabupaten dan kota di Taiwan.

Mekanisme itu membantu melindungi sistem medis dan tenaga medis dari kelebihan beban, sehingga selama masa pandemi sebagian besar layanan medis yang bukan Covid-19 dapat beroperasi secara normal tanpa gangguan.

Sampai saat ini hanya dua kasus terkait pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan rumah sakit yang terjadi di Taiwan, kedua kasus tersebut telah dikendalikan secara efektif dan tidak ada pekerja medis yang meninggal.

Menteri Chen lalu mengatakan, kepercayaan dan kerja sama rakyat Taiwan terhadap pemerintah menjadi faktor utama keberhasilan menekan pandemi kali ini.

Menteri Chen juga menyebutkan bahwa Taiwan adalah salah satu negara paling sukses di dunia dalam menanggapi pandemi karena sistem medisnya yang baik, strategi pengujian yang ketat, transparansi dan keterbukaan informasi, serta kerja sama antara sektor publik dan swasta.

Dampak ekonomi Covid-19 di Taiwan relatif kecil. Pertumbuhan PDB Taiwan pada 2020 sekitar 3,11 persen, diantaranya, kuartal keempat tumbuh sebesar 4,94 persen, sangat kontras dengan resesi ekonomi global.

Menteri Chen kemudian meminta Indonesia dan pihak terkait lainnya untuk mendukung masuknya Taiwan ke WHO, sehingga mereka dapat berpartisipasi penuh dalam pertemuan, mekanisme dan kegiatan WHO.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/03/215554470/sukses-tangani-pandemi-taiwan-minta-dukungan-indonesia-agar-masuk-who

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke