Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurnalis Jadi Sasaran Pembunuhan di Afghanistan Lagi, Dibunuh dengan Bom

KABUL, KOMPAS.com – Sebuah bom meledak di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu (10/1/2021) dan menewaskan 3 orang.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan, dari ketiga korban tewas tersebut salah satunya adalah jurnalis yang bernama Zia Wadan.

Dilansir dari AFP, Wadan merupakan seorang jurnalis yang sebelumnya sempat bekerja untuk sejumlah jaringan media di Afghanistan.

Kematian Wadan juga disinyalir menjadi salah satu kasus terbaru mengenai serangkaian pembunuhan yang terencana beberapa waktu terakhir di Kabul.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Tariq Arian melaporkan bahwan Wadan Wadan dan rekan-rekannya tewas ketika sedang dalam perjalanan.

"Sebuah kendaraan yang membawa Zia Wadan menjadi sasaran IED (bom rakitan). Akibatnya Wadan dan dua rekannya tewas," ujar Arian.

Di sisi lain, sejauh ini belum ada kelompok atau pihak yang mengeklaim telah melakukan serangan itu.

Selain bekerja sebagai jurnalis, Wadan adalah juru bicara untuk Pasukan Perlindungan Publik Nasional (NPPF).

NPPF merupakan layanan keamanan di bawah Kementerian Dalam Negeri Afghanistan yang mengerahkan personelnya ke organisasi internasional di seluruh Afghanistan.


Dalam beberapa bulan terakhir, kekerasan yang berujung kematian semakin meningkat di sejumlah tempat di Afghanistan.

Selain itu, tren pembunuhan terencana yang menargetkan korban tertentu juga menabur ketakuan di antara rakyat, terutama warga Kabul.

Tokoh terkenal termasuk jurnalis, politikus, dan aktivis hak asasi manusia semakin menjadi sasaran meski pembicaraan damai antara Pemerintah Afghanistan dan Taliban masih berlangsung.

Sejak November 2020, sebanyak lima jurnalis telah tewas dalam pembunuhan terencana bersama dengan beberapa tokoh terkemuka lainnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/10/141711670/jurnalis-jadi-sasaran-pembunuhan-di-afghanistan-lagi-dibunuh-dengan-bom

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke