Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Tahu Ala Tofu Deli, Wajib Rendam Air Dingin

Kompas.com - 24/03/2024, 10:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kedelai merupakan salah satu bahan pangan yang dapat diolah menjadi beragam makanan, salah satunya yaitu tahu.

Proses pembuatan tahu mulai dari perendaman biji kedelai hingga proses pengemasan harus dipantau dengan baik agar kualitas tahu tetap terjaga.

Baca juga:

Cara membuat tahu di Tofu Deli

Salah satu rumah produksi tahu di Jakarta Selatan, yaitu Tofu Deli menunjukkan cara membuat tahu setiap harinya, saat Kompas.com berkunjung ke lokasi pada Kamis (21/3/2024).

1. Rendam biji kedelai

Operasional Manager Tofu Deli, Tjhin Sidarto menjelaskan, mulanya kedelai pilihan Tofu Deli direndam dengan air bersih di dalam ember. 

Biji kedelai di Tofu Deli usai direndam sekitar empat hingga 6 jam, Kamis (21/3/2024).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Biji kedelai di Tofu Deli usai direndam sekitar empat hingga 6 jam, Kamis (21/3/2024).

"Dari kacang kedelai yang mentah, kita rendam kedelai sekitar empat sampai enam jam, dia (kedelai) akan mengembang," kata Darto di rumah produksi Tofu Deli, Kamis (21/3/2024).

2. Giling biji kedelai

Setelah direndam dan biji kedelai mengembang, selanjutnya biji kedelai dimasukkan ke dalam mesin untuk proses penggilingan.

Proses penuangan susu kedelai ke dalam cetakan tahu di Tofu Deli, Kamis (21/3/2024).Dok. Tofu Deli Proses penuangan susu kedelai ke dalam cetakan tahu di Tofu Deli, Kamis (21/3/2024).

Saat biji kedelai digiling di dalam mesin, mesin secara otomatis akan memisahkan antara susu kedelai dan ampas kedelai.

Baca juga: Cara Panaskan Kembali Susu Kedelai, Jangan Pakai Microwave

Susu kedelai hasil penggilingan biji kedelai kemudian dipanaskan hingga mencapai suhu 90 derajat Celsius.

3. Cetak tahu

Susu kedelai yang sudah mencapai suhu 90 derajat celsius kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih kecil, lalu dituang ke dalam loyang cetakan tahu.

Pekerja sedang memotong tahu yang baru diproduksi di Tofu Deli, Kamis (21/3/2024).Dok. Tofu Deli Pekerja sedang memotong tahu yang baru diproduksi di Tofu Deli, Kamis (21/3/2024).

"Susu kedelai dituang ke dalam loyang-loyang, kemudian dibungkus kain dan ditekan untuk memisahkan airnya," kata Darto.

Ada dua jenis tahu yang dihasilkan usai dicetak, yaitu tahu soft (bertekstur lembut) dan tahu firm (bertekstur padat).

Baca juga: Resep Puding Mangga Susu Kedelai, Pakai Harum Manis atau Manalagi

Lama proses mencetak kedua tahu ini berbeda, waktu mencetak tahu firm lamanya dua kali lipat dari waktu mencetak tahu soft.

4. Rendam air dingin

Tahu yang sudah dicetak kemudian dipotong-potong dan dirapika bagian pinggirnya. Setelah itu tahu yang masih panas dimasukkan ke dalam air berisi es batu.

Tahu yang diproduksi di Tofu Deli sedang dimasukkan ke dalam air es untuk proses pendinginan, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2024).Dok. Tofu Deli. Tahu yang diproduksi di Tofu Deli sedang dimasukkan ke dalam air es untuk proses pendinginan, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2024).

Kata Darto, proses perendaman tahu di dalam air dingin penting untuk dilakukan supaya tahu tidak cepat asam alias basi.

"Kalau tahu masih panas, tidak akan tahan lama, jadi harus didinginkan pakai air es," katanya. 

Lama proses pembuatan tahu untuk 16 kilogram kedelai, mulai dari penggilingan hingga pengemasan di Tofu Deli,  yakni sekitar satu jam 15 menit.

Baca juga: Apakah Susu Kedelai Sesehat Susu Sapi?

"Jadi membuat tahu dari satu lot kedelai waktunya 1 jam 15 menit, menghasilkan sekitar 200 potong tahu," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com