Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2024, 06:48 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal unik ketika saya menyantap hidangan karya Chef Hafizzul Hashim dari Restaurant Fiz, Singapura, saat perhelatan Singapore Tourism Board di Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Terdapat satu menu yang tidak ada dalam daftar rangkaian menu ada di meja. Ditempatkan di gelas Martini, menu tersebut berupa bola berwarna hijau dengan tangkai, beralaskan potongan es batu. 

Baca juga: 7 Negara dengan Makanan Khas Natal, dari Perancis sampai Bahama

Menu tersebut disajikan setelah Chilli Crab dan sebelum Wagyu Rendang. Keduanya memiliki rasa rempah yang kuat.

Chef Hashim menganjurkan untuk menyantap menu di gelas Martini tersebut dalam satu kali gigit. Dan itulah yang saya lakukan.

Hasilnya mengejutkan. Rasa asam terasa saat pertama kali menyantapnya, berubah menjadi rasa pedas yang menghangatkan tenggorokan. Sensasinya pun unik karena bola tersebut disajikan dingin. 

Anehnya, rasa Chilli Crab tak lagi tersisa di mulut saya. Indra pengecap saya seolah siap untuk menyantap hidangan selanjutnya yaitu Wagyu Rendang

Menurut Chef Hashim, menu unik tersebut merupakan palate cleansers. Secara harfiah, artinya adalah pembersih langit-langit mulut. 

"Ini untuk menyiapkan pikiran Anda ke rasa-rasa (selanjutnya), jadi rasanya naik-turun seperti ombak. Itu alasannya," tutur Chef Hashim saat ditemui usai acara, Rabu (28/2/2024).

Ia pun menyajikan palate cleansers yang hampir sama di restoran miliknya di Negeri Singa. Rasanya pun lebih wangi dan manis karena ada kecombrang, dipadu dengan pedasnya lengkuas. 

Baca juga:

Palate cleansers biasanya berupa sorbet

Salah satu palate cleansers karya Chef Hafizzul Hashim dari Restaurant Fiz, Singapura, saat perhelatan Singapore Tourism Board di Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Salah satu palate cleansers karya Chef Hafizzul Hashim dari Restaurant Fiz, Singapura, saat perhelatan Singapore Tourism Board di Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Dilansir dari The Spruce Eats, Sabtu (23/3/2024), palate cleansers dibuat untuk menghilangkan sisa rasa di mulut sehingga hidangan selanjutnya bisa dinikmati dengan sudut pandang yang segar. 

Berasal dari Perancis, menu ini juga memiliki fungsi lain yaitu menghindari gangguan pencernaan, sekaligus menstimulasi selera makan.

Biasanya palate cleansers berbentuk sorbet. Rasanya sebaiknya tajam dan tidak manis, lantaran merupakan kombinasi dari rasa dingin, krispi, dan tajam yang cocok untuk makanan berminyak atau memiliki rasa kuat.

Kamu pun bisa mencoba membuat palate cleansers berupa sorbet jeruk nipis atau sorbet mint.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com