Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Simpan Pisang agar Tidak Cepat Busuk, Bisa Dibekukan

Kompas.com - 19/03/2024, 08:10 WIB
Aska Bagus Aldika,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium dan pisang dapat matang dengan cepat.

Pisang jika dibiarkan di suhu ruang akan mengakibatkan pisang itu cepat matang dan dapat membusuk.

Oleh karena itu, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyimpan pisang agar dapat mengontrol proses pematangannya dan menjaga kesegaran serta kelezatannya untuk jangka waktu yang lebih lama.

Melansir dari laman Real Simple, berikut merupakan cara menyimpan pisang agar tidak cepat busuk:

Baca juga:

Cara menyimpan pisang agar tidak cepat busuk

1. Simpan di suhu ruang

Pisang akan bertahan di suhu ruang Anda selama dua hingga enam hari jika tidak terkena sinar matahari langsung, karena sinar matahari dapat membuat pisang cepat matang.

2. Simpan di kulkas

Suhu yang sejuk dan kering dapat memperlambat proses pematangan, setelah pisang mencapai puncak kematangannya anda dapat menyimpannya di kulkas.

Jangan memasukkan pisang yang belum matang ke kulkas karena dapat menyebabkan cedera terhadap pisang yang membuat rasa pisang akan terasa pahit.

3. Bekukan

Apa yang terjadi ketika makan pisang setiap hari?UNSPLASH/EILIV ACERON Apa yang terjadi ketika makan pisang setiap hari?

Pastikan untuk menunggu hingga pisang mencapai kematangan optimal sebelum membekukannya, karena suhu dingin dari freezer dapat menghentikan proses pematangan pisang.

Disarankan untuk mengupas dan memotong pisang sebelum dibekukan agar lebih mudah diolah saat Anda ingin menggunakannya.

Cara mengawetkan pisang, letakkan potongan pisang di atas loyang atau loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti, kemudian masukkan ke dalam freezer.

Setelah beku, pindahkan ke dalam wadah tertutup atau kantong plastik. Berikan juga label pada wadah agar tahu umur pisang.

Baca juga: Resep Pisang Goreng Panir, Camilan Renyah untuk Teman Minum Kopi

4. Bungkus batang pisang

Dengan membungkus batang tandan pisang dengan plastic membuat pisang tetap segar dan kuning lebih lama. Sebab, batang pisang menghasilkan gas etilen yang menyebar ke seluruh buah hingga proses pematangan.

Cara menyimpan irisan pisang

Potongan pisang dapat berubah warna dengan cepat, jadi sebaiknya jangan memotongnya sebelum dikonsumsi. Namun, jika ingin memperpanjang kesegaran pisang,

Kamu dapat mencelupkannya ke dalam sedikit jus lemon. Hal ini akan menurunkan tingkat keasaman (pH) dan mencegah perubahan warna menjadi kecoklatan.

Setelah itu, simpan potongan pisang di dalam lemari es, baik dibungkus dengan plastik cling atau ditempatkan dalam wadah atau tas penyimpanan makanan kedap udara. Dengan cara ini, potongan pisang dapat tetap segar selama tiga hingga empat hari.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com