Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Warna pada Buah, Menarik Banyak Manfaat Kesehatan

Kompas.com - 13/12/2023, 07:05 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Warna pada buah tidak hanya memberikan penampilan yang menarik tetapi juga mengandung zat gizi tertentu penting untuk kesehatan tubuh.

Seperti warna merah tua menggambarkan antioksidan, warna jingga menandakan keberadaan kandungan betakaroten, dan warna merah untuk kandungan antosianin dan likopen.

Warna-warna tersebut memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Simak fungsi warna pada buah, dikutip dari majalah "KULINOLOGI SEP 2010" (2010) karya Kulinologi terbitan Media Pangan Indonesia.

Baca juga:

1. Merah tua dan ungu

Warna merah tua dan ungu pada buah anggur merah, plum, apel merah, anggur ungu, dan ceri, merupakan tanda kandungan antioksidan.

Fungsi antioksidan dapat menghambat terbentuknya gumpalan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Warna merah

Warna merah pada buah-buahan menunjukkan adanya antosianin dan likopen. Antosianin bermanfaat untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih.

Sementara manfaat likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental. Warna merah ini terdapat pada buah stroberi, jambu biji, tomat, dan semangka.

3. Warna jingga

Warna jingga dapat kamu temui pada buah mangga, jeruk, apricot, labu, dan labu kuning.

Menandakan memiliki kandungan betakaroten berfungsi sebagai penghambat proses penuaan dengan meremajakan sel-sel tubuh,

Betakaroten juga akan berubah menjadi vitamin A yang meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Warna kuning

Buah nanas, belimbing, dan pisang memiliki warna kuning yang memiliki kandungan beta crpthixanthun salah satu pigmen kuning atau xanthiphlls merupakan senyawa daya antioksidan dan berkhasiat mencegah paru-paru.

Selanjutnya warna kuning juga terdapat kandungan hesperidin, berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, meminimalkan penumpukan kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap normal serta memperlancar aliran darah.

5. Warna hijau

Warna hijau menandakan adanya kandungan klorofil dan asam alegat yang dapat melawan berbagai bibit sel kanker, dan menormalkan tekanan darah.

Warna hijau pada buah juga kaya akan vitamin C, B kompleks, serta zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan karoten serta serat.

Kamu dapat menemukan warna hijau ini pada buah alpukat dan anggur hijau.

6. Warna putih

Warna putih pada buah menandakan adanya kandungan vitamin C dan serat. Seperti pada buah stroberi putih, buah naga, kelapa, pisang, dan sirsak.

Majalah "KULINOLOGI SEP 2010" (2010) karya Kulinologi terbitan Media Pangan Indonesia bisa dibeli online di Gramedia.com.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com