Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Masak Jamur Shitake untuk Berbagai Masakan

Kompas.com - 06/12/2023, 12:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Punya jamur shitake dalam jumlah banyak di rumah? Ada beberapa tips mengolahnya agar lebih enak.

Dilansir dari laman MasterClass, jamur shitake merupakan jenis jamur yang berasal dari hutan Asia, tumbuh di batang kayu yang membusuk.

Jenis jamur yang satu ini, sudah tumbuh dan dibudidayakan selama berabad-abad di Jepang dan Cina. Nama Shiitake sendiri berasal dari "Shii" yang berarti pohon kayu tempat tumbuhnya jamur ini berasal.

"Take" yang berarti jamur. Jamur shitake menjadi jenis jamur ketiga yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia, setelah jamur kancing putih dan jamur tiram.

Simak penjelasan seputar cara mengolah jamur shitake berikut ini.

Baca juga:

1. Cara masak jamur shitake dengan cara ditumis

Masih dilansir dari laman MasterClass yang sama, ada cara masak jamur shitake dengan cara ditumis. Tipsnya kamu bisa langsung memasukkan jamur ke dalam bumbu dan sayuran.

2. Cara masak jamur shitake dengan cara saute

Saute merupakan teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan sedikit minyak. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk memasak shitake sebagai hidangan risotto atau fettucine.

Gunakan minyak zaitun atau mentega untuk menambah aroma dan cita rasa pada bahan masakan.

3. Cara masak jamur shitake dengan cara direbus

Memasak shitake dengan cara direbus tidak perlu membutuhkan waktu lama. Pasalnya, jika proses rebus shitake lama, maka bisa membuat teksturnya lembek.

Tambahkan jamur shitake di akhir waktu memasak aneka sup. Shitake juga enak dtambahkan ke dalam saus bolognese atau sup krim.

4. Cara masak jamur shitake kering

Ada dua jenis jamur shitake yang bisa kamu temui yaitu jamur shitake kering dan segar. Jika kamu membeli jamur shitake kering, rendam dulu dalam air panas.

Jamur shitake kering bisa digunakan untuk aneka sayur atau kaldu aneka masakan. Kamu bahkan bisa menggunakan air rendaman jamur shitake kering untuk bahan dasar membuat kaldu jamur yang enak.

Ditambahkan dari laman Taste, rendam jamur dalam air mendidih selama kurang lebih 20 menit. Tutup wadah rendaman dengan bungkus plastik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com